Cari Bakat Baru, Effendi Simbolon Gandeng PARBI Gelar Festival Mangardang 2023

Cari Bakat Baru, Effendi Simbolon Gandeng PARBI Gelar Festival Mangardang 2023
Persatuan Artis Batak Indonesia (PARBI) bersama dengan Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI) akan menggelar Festival Mangardang 2023. Foto: Dok PARBI

jpnn.com, JAKARTA - Persatuan Artis Batak Indonesia (PARBI) bersama dengan Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI) akan menggelar Festival Mangardang 2023.

Ketua umum PSBI Effendi Simbolon menyatakan festival itu digelar untuk mencari bakat penyanyi-penyanyi yang bisa membawakan lagu-lagu Batak bersuara emas sekaligus melestarikan seni dan budaya khas Batak.

Dia mengatakan Festival Mangardang 2023 berisi lomba nyanyi khusus lagu-lagu Batak yang dapat diikuti oleh semua Warga Negara Indonesia (WNI) yang berusia 17 hingga 40 tahun.

"Peserta Festival Mangardang tidak harus dari suku Batak tetapi termasuk semua WNI yang bukan asal suku Batak. Namun demikian para peserta tersebut wajib menyanyikan lagu-lagu Batak baik kategori solo maupun trio," tutur Effendi Simbolon, di Jakarta, pada Jumat (2/5).

Menurutnya, untuk penyanyi dari kategori solo maupun trio wajib menyanyikan lagu-lagu Batak.

Kemudian, untuk penyanyi solo wajib membawakan lagu dengan judul putus sekolah, serta membawakan lagu pilihan seperti hodo sasude, ahu na lilu serta haol au gomos.

"Adapun lagu wajib untuk trio adalah lagu dengan judul tao na tio serta membawakan lagu pilihan yang meliputi tangis tao toba, dos do nakkot na serta jujung goarhi amang," lanjut Effendi.

Effendi menambahkan PSBI akan menggelar festival seni dan budaya lainnya jika ke depannya jika Festival Mangardang 2023 sukses.

Persatuan Artis Batak Indonesia (PARBI) bersama dengan Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI) akan menggelar Festival Mangardang 2023.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News