Cari Solusi Bersama, SKI Ajak Warga Lakukan Forum Musyawarah Reboan

Cari Solusi Bersama, SKI Ajak Warga Lakukan Forum Musyawarah Reboan
Pengurus nasional pendukung Anies Baswedan, Sekretariat Kolaborasi Indonesia (SKI) Dr Untoro Hariadi mengajak masyarakat untuk melakukan Musyawarah Reboan. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pengurus nasional pendukung Anies Baswedan, Sekretariat Kolaborasi Indonesia (SKI) Dr Untoro Hariadi mengajak masyarakat untuk melakukan Forum Musyawarah Reboan sebagai wadah untuk memecahkan persoalan bersama.

Dia menyebutkan masyarakat memiliki relasi komunal dan interaksi sosial yang erat, hal tersebut dapat dilakukan dengan mengaktifkan sistem musyawarah. 

"Karena kita masyarakat yang saling kolaborasi. Bersama-sama memecahkan masalah, berbagi gagasan dan aspirasi serta rencana-rencana bagi komunitas ke depan," kata Untoro Hariadi dalam keterangannya, Kamis (13/7).

Menurutnya, hal ini bisa diimplementasikan dengan forum bersama seperti musyawarah Reboan yang cocok dengan karakteristik masyarakat. 

“Musyawarah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat kita. Karena, pada hakikatnya masyarakat kita sebagai orang timur berwatak komunal," lanjutnya.

Dia menambahkan dengan menggelar musyawarah mingguan maka masyarakat memiliki ruang bersama untuk berbagi.

"Kita harus yakin bahwa itu (Musyawarah Reboan, red) adalah satu alat atau metode bagi masyarakat yang berwatak komunal untuk mencapai masa depannya. Itu pasti itu," kata Untoro.

Dia mengajak masyarakat untuk menyampaikan aspirasi, keluhan maupun persoalan lainnya melalui Musyawarah Reboan yang digelar setiap Rabu malam di tempatnya masing-masing.

Pengurus nasional sukarelawan Anies Baswedan, Sekretariat Kolaborasi Indonesia (SKI) Dr Untoro Hariadi mengajak masyarakat untuk melakukan Musyawarah Reboan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News