Catat, 8 Agenda Pariwisata di Jawa Timur yang Masuk KEN 2023

Catat, 8 Agenda Pariwisata di Jawa Timur yang Masuk KEN 2023
Arsip - Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Wali Kota Surabaya Eri Cahaydi saat mengikuti Festival Rujak Uleg di Kota Surabaya pada 2022 lalu. (ANTARA/HO-Biro Adpim Jatim)

jpnn.com, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan delapan festival kebudayaan yang telah rutin menjadi agenda pariwisata di Jatim masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023.

Sebagaimana diumumkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), delapan festival di Jatim yang masuk KEN 2023, yaitu Jember Fashion Carnival, Festival Reog Ponorogo, Festival Gandrung Sewu Banyuwangi.

Ada pula East Java Fashion Harmony, Festival Rujak Uleg Surabaya, Banyuwangi Ethno Carnival, Batu Street Food, dan Festival Musik Tradisional Rontek Pacitan.

"Jatim menjadi provinsi dengan penyumbang festival terbanyak nasional dalam KEN 2023. Semoga ini membawa kebaikan dan keberkahan bagi masyarakat Jatim karena mampu mendorong dan menggerakkan ekonomi daerah," kata Khofifah di Surabaya, Minggu.

Khofifah optimistis kinerja sektor pariwisata Jatim akan tumbuh positif sepanjang tahun ini. Salah satunya didorong pencabutan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) pascapandemi Covid-19 di seluruh wilayah Indonesia.

"Ditambah, secara psikologis, masyarakat pun sangat haus untuk berwisata usai dihadapkan pada kondisi pandemi Covid-19," ujar dia.

Mantan Menteri Sosial itu berharap pelaku-pelaku wisata dan ekonomi kreatif dapat memanfaatkan secara maksimal momentum ini guna mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

"Pemasaran paket wisata harus dilakukan secara kekinian. Selain itu fasilitas dan amenitas yang mendukung kegiatan pariwisata, seperti fasilitas makan cuci kakus/ MCK, hotel, tempat ibadah, restoran, tempat oleh-oleh, hingga sarana transportasi juga harus diperhatikan agar dapat memenangkan pasar," ujar dia.

Delapan festival kebudayaan yang telah rutin menjadi agenda pariwisata di Jawa Timur masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News