Catat! Ini Daftar Mobil yang Dilarang Pakai Pertalite dan Solar

Catat! Ini Daftar Mobil yang Dilarang Pakai Pertalite dan Solar
Pemerintah memberikan sejumlah kriteria dan jenis mobil yang dilarang menggunakan Pertalite dan Solar. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah memberikan sejumlah kriteria dan jenis mobil yang dilarang menggunakan Pertalite dan Solar.

Ketentuan itu bertujuan agar penyaluran subsidi BBM bisa tepat sasaran sehingga penggunaannya pun akan diatur dengan ketat.

Untuk itu, ada beberapa jenis kendaraan yang terkena pembatasan pembelian Pertalite dan Solar.

Kebijakan itu direvisi melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak (BBM).

Anggota Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Saleh Abdurrahman mengatakan kendaraan yang dilarang, yakni bagi pemilik mobil atau kendaraan roda empat atau yang memiliki kapasitas mesin 2.000 cc ke atas.

Namun, kategori mobil mewah yang dilarang untuk beli Pertalite dan Solar belum diterbitkan oleh pemerintah secara resmi.

Untuk itu, Saleh menyampaikan saat ini pihaknya sedang fokus mengoptimalkan fitur layanan digital yang dimiliki oleh PT Pertamina (Persero), yakni aplikasi MyPertamina.

Berikut daftar mobil dengan kapasitas mesin di atas 2.000 cc yang dilarang menggunakan Pertalite dan Solar:

Pemerintah memberikan sejumlah kriteria dan jenis mobil yang dilarang menggunakan Pertalite dan Solar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News