Catat, Ini Jalur Tol Fungsional Solo-Surabaya

Catat, Ini Jalur Tol Fungsional Solo-Surabaya
Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa beserta instansi terkait melakukan survei jalur mudik di pintu masuk Tol Surabaya-Mojokerto, Rabu (14/6). Foto: Fathan Sinaga/jpnn.com

jpnn.com, SURABAYA - Pemerintah menginginkan sejumlah tol di Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim) bisa difungsikan untuk arus mudik Lebaran. Karenanya, pengerjaan berbagai proyek tol di Jateng dan Jatim pun dikebut.

Jalur-jalur tol yang belum sepenuhnya selesai akan difungsikan untuk menanggulangi kemacetan pada arus mudik. Salah satunya adalah ruas tol Solo-Surabaya.

Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa mengatakan, jalur yang sementara dikerjakan dan hampir rampung antara lain Surabaya-Mojokerto, Mojokerto-Kertosono, dan Kertosono-Solo. Royke memastikan Tol Surabaya-Mojokerto sudah bisa digunakan secara operasional pada musim mudik ini.

Semua sarana dan prasarana di Tol Surabaya-Mojokerto juga sudah seperti tol lainnya yang telah beroperasi. Yakni dari pintu Tol Krian, Sidoarjo sampai ke Mojokerto.

"Itu sudah bisa digunakan 24 jam. Sudah operasional," kata Royke di sela-sela survei Tol Surabaya-Mojokerto, Jawa Timur, Rabu (14/6).

Sebagian jalur tol lainnya, kata Rokye, masih dalam tahap penyelesaian. Meski begitu, jalur tersebut bisa difungsikan sebagai jalur alternatif.

"Sangat membantu mengurai dan mengurangi kemacetan di jalur arteri di jalan provinsi antara Surabaya- Kertosono. Dan nanti bisa sampai ke Ngawi, Nganjuk dan tentunya sampai Surakarta atau Kota Solo," bebernya.

Lebih lanjut Royke meyakini tol fungsional akan cukup membantu mengurai arus lalu lintas pemudik. Hanya saja, jalur tol yang masih fungsional memang belum sempurna.

Pemerintah menginginkan sejumlah tol di Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim) bisa difungsikan untuk arus mudik Lebaran. Karenanya, pengerjaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News