Catatan Imigrasi soal Prabowo ke Brunei: Naik Jet Pribadi Pulang Hari

Catatan Imigrasi soal Prabowo ke Brunei: Naik Jet Pribadi Pulang Hari
Prabowo Subianto di sebuah bandara di luar negeri. Foto: Instagram

jpnn.com, JAKARTA - Kabar Prabowo Subianto bepergian ke mancanegara seiring kian dekatnya pengumuman hasil Pemilu 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 22 Mei 2019 bukanlah berita bohong. Sebab, calon presiden (capres) bernomor urut 02 itu memang sempat mengunjungi Brunei Darussalam.

Catatan Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM menunjukkan Prabowo meninggalkan Indonesia menuju Brunei pada Kamis lalu (16/5). "Pak Prabowo pergi ke Bandar Seri Begawan (ibu kota Brunei, red) dari Halim Perdanakusuma pada 16 Mei," kata Kasubag Humas Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Sam Fernando yang dihubungi melalui layanan pesan, Minggu (19/5).

Sam menjelaskan, Prabowo pergi ke Brunei menggunakan pesawat pribadi 9H-NYC Embraer 190-Lineage 1000. Berdasar catatan imigrasi, Prabowo juga membawa rombongan.

“Kalau dari manifesnya ada 12 nama yang terdaftar bersama beliau (Prabowo, red),” sambung Sam. Baca juga: Ke Manakah Prabowo pada 22 Mei? 

Merujuk salinan manifes yang beredar, Prabowo pergi bersama ajudan pribadinya, Mohamad Rizki Irmansyah dan sejumlah petinggi Gerindra. Elite Gerindra yang menyertai Prabowo antara lain Sugiono (wakil ketua umum) M Harrifar Syafar (ketua DPP) dan Alvano Armi Sundah Kalalo (pengurus DPP).

Ada pula nama lain dalam rombongan Prabowo. Yakni Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais, Ustaz Ansufri Idrus Sambo, Wedi Kamaludin, Julius Indra Kurniawan, Julando Richard Mandey, Simon Aloysius Mantiri dan Frangel Hendra Pantouw.

Namun, Prabowo tak menginap di Brunei. Sebab, pada hari yang sama mantan Danjen Kopassus itu sudah meninggalkan negeri kesultanan di Pulau Kalimantan tersebut.

Baca juga: KPU Mau Umumkan Hasil Pilpres Tak Lama Lagi, Prabowo Pergi ke Luar Negeri?

Catatan Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM memperlihatkan Prabowo Subianto dan 11 orang lainnya meninggalkan Indonesia menuju Brunei Darusaalam pada Kamis lalu (16/5).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News