Catatan PDIP soal Penanganan Pandemi: Mulai dari Gotong Royong hingga Bansos

Catatan PDIP soal Penanganan Pandemi: Mulai dari Gotong Royong hingga Bansos
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - DPP PDI Perjuangan memberikan catatan kepada pemerintah agar bisa maksimal dalam penanganan pandemi Covid-19 ini. Di sisi lain, partai yang dipimpin Megawati Soekarnoputri itu meminta semua pihak terus bergotong royong.

"Bapak Presiden Joko Widodo sudah menyatakan PPKM level 4 diperpanjang hingga 2 Agustus mendatang, dengan berbagai pembatasan kegiatan sosial ekonomi yang harus kita ikuti bersama. Dari pantauan kami atas kondisi di dalam negeri dan laporan dari saudara kita yang tinggal di negara lain, kondisi yang sama juga dihadapi oleh berbagai negara lainnya di dunia," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam siaran pers, Kamis (29/7).

Menurut Hasto, varian delta yang lebih dahsyat penularannya membuat kondisi pandemi semakin memburuk di berbagai belahan bumi. Kesusahan yang sama juga dihadapi oleh warga negara dunia, bukan hanya Indonesia.

PDIP memandang sinkronisasi data kependudukan diharapkan terus diperbaiki untuk membuat satu data yang sama. Hal ini demi memperlancar penyaluran bantuan sosial (bansos).

"Selain itu, kami berharap petugas di lapangan memastikan bantuan yang disiapkan pemerintah ini tepat sasaran diterima kepada rakyat yang membutuhkan," kata dia.

Politikus asal Yogyakarta itu juga menilai pentingnya percepatan vaksinasi kepada rakyat Indonesia.Kampanye kesadaran pentingnya vaksinasi harus dibarengi dengan akselerasi penyediaan vaksin itu sendiri.

"Kami harap vaksin yang sudah tersedia dipastikan efektivitasnya mulai dari pengadaan, distribusi, hingga sampai disuntikkan ke warga," jelas dia.

Kemudian, lanjut Hasto, PDIP juga terus mendorong riset dan inovasi untuk menemukan obat yang menyembuhkan Covid-19. Indonesia memiliki berbagai kekayaan alam yang diharapkan bisa jadi obat bagi penyakit ini.

DPP PDI Perjuangan memberikan catatan kepada pemerintah agar bisa maksimal dalam penanganan pandemi Covid-19 ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News