Catatan PERGUNU Usai Bersilaturahmi dengan Menteri Nadiem Makarim

Catatan PERGUNU Usai Bersilaturahmi dengan Menteri Nadiem Makarim
Wakil Ketua Pimpinan Pusat Persatuan Guru Nahdlatul Ulama, Aris Adi Leksono. Foto: Dokpri

jpnn.com, JAKARTA - Pimpinan Pusat Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PERGUNU) mendapatkan undangan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud) untuk bersilaturahmi dengan Mendikbud Nadiem Makarim pada Senin (4/11).

Bersama organisasi profesi lainnya, PERGUNU hadir dengan membawa sejumlah gagasan untuk mewujudkan mutu guru dan sistem pendidikan yang unggul dan kompetitif, menjunjung tinggi budaya dan kearifan lokal.

Usai bersilraturahmi dengan Mendikbud Menteri Nadiem Makarim, Wakil Ketua Pimpinan Pusat Persatuan Guru Nahdlatul Ulama, Aris Adi Leksono mengaku tidak menangkap visi sang leader pendidikan. Hal itu dibuktikan saat memberikan pengantar forum silaturrahmi.

“Beliau menyampaikan masih belajar dan mengajak bersama-sama belajar untuk membenahi, mengembangan atau merevolusi sistem pendidikan di Indonesia,” kata Aris dalam keterangan persnya, Selasa (6/11).

“Kami berterima kasih sudah dilibatkan dalam forum silaturahmi antara Organisasi Profesi dan Mas Menteri Nadiem, tetapi sayang kami tidak menangkap visi besar untuk memajukan pendidikan Indonesia yang penuh dengan kompleksitas,” kata Aris lagi.

Menurut Aris, visi seorang pemimpin itu penting untuk menumbuhkan optimisme bagi masyarakat pendidikan. Memang betul banyak tipologi kepemimpinan tetapi semuanya pasti punya visi awal, terlepas benar atau salah visi tersebut, akan disesuikan dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat pendidikan Indonesia.

Lebih lanjut, Aris menuturkan visi dan misi dalam menajemen sangat penting, karena dari visi dan misi tersebut pengorganisasian akan berjalan secara sistematis, terarah, dan terukur.

Menurutnya, menyerap aspirasi dari bawah penting, tetapi kendali mutu yang berkelanjutan tetap harus diperhatikan oleh seorang pimpinan. Karena pemimpin adalah gugus depan perubahan, apalagi menyangkut nasib bangsa dan negara melalui pendidikan.

Usai bersilaturahmi dengan Mendikbud Menteri Nadiem Makarim, Wakil Ketua Pimpinan Pusat Persatuan Guru Nahdlatul Ulama, Aris Adi Leksono mengaku tidak menangkap visi sang leader pendidikan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News