Kamis, 21 September 2017 – 13:47 WIB

Caterpillar Investor Terbesar 2017

Kamis, 07 September 2017 – 10:34 WIB
Caterpillar Investor Terbesar 2017 - JPNN.COM

Caterpillar akan melakukan perluasan usahanya yang ada di Dortmund ke Batam, Kepri. Foto: source

jpnn.com, BATAM - Investor asal Luksemburg, Caterpillar, menjadi penyumbang realisasi investasi terbesar berdasarkan izin usaha hingga Agustus 2017.

Data Badan Pengusahaan (BP) Batam menunjukkan, kendati terdiri dari satu proyek, nilai investasi Caterpillar mencapai 216 juta dolar Amerika atau sekitar Rp 2,8 triliun.

"Proyek Caterpillar ada di Tanjunguncang. Mereka memproduksi alat-alat berat," kata Deputi V BP Batam, Gusmardi Bustami, Kamis (6/9).

Dengan nilai investasi sebesar 216 juta dolar Amerika, proyek Caterpillar mampu menyerap tenaga kerja lokal sebanyak 546 orang dan lima tenaga kerja asing.

Sedangkan Singapura tetap menjadi investor primadona di Batam. Investor asal negeri Singa ini -hingga Agustus 2017- mengerjakan 10 proyek dengan nilai investasi sebesar 82 juta dolar Amerika dan mampu menyerap 303 tenaga kerja lokal dan enam tenaga kerja asing.

Kesepuluh proyek tersebut dikerjakan oleh 10 perusahaan, yakni PT Musim Mas yang memproduksi minyak goreng kelapa sawit, PT Ever Samudera Makmur Internasional yang bergerak di bidang ekspedisi muatan kapal, PT Dive Gaia Indonesia yang bergerak di bidang jasa wisata tirta, PT Ampway Stationery Manufacturing yang memproduksi packaging dari kertas dan karton.

Kemudian ada PT Sumber Rezeki Batam yang piawai di bidang perdagangan besar kosmetik. Lalu, PT Neptune Ultra Bahari yang bergerak di sektor perdagangan besar karet dan plastik dasar. PT Global Inti dan PT Jeneric Jaya yang mengerjakan jasa perbaikan kapal dan perawatan kapal.

Berikutnya ada PT Hockhua Tonic Indonesia yang bergerak di bidang perdagangan besar hasil pertanian dan hewan, serta PT Kirrindo Batam Makmur yang mengolah kopi dan teh.

SHARES
loading...
loading...
Masukkan komentarmu disini