Cawapres Kunci Kemenangan Pemilihan Presiden 2024

Oleh Pangi Syarwi Chaniago - Analis Politik Sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting

Cawapres Kunci Kemenangan Pemilihan Presiden 2024
Analis Politik Sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago. Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com - Penentuan calon wakil presiden (cawapres) menjadi variabel paling menentukan dalam Pilpres 2024 mendatang.

Penyebabnya adalah karena dalam beberapa temuan survei hanya terdapat tiga nama calon presiden (capres) kuat dan kompetitif dengan selisih elektabilitas yang tipis, yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

Elektabilitas ketiga tokoh ini di berbagai Lembaga survei bersaing sangat ketat dan saling salip menyalip sehingga membuat posisi cawapres menjadi kunci pemenangan pemilu mendatang.

Tidak ada capres yang leading sendiri jauh di atas angka psikologis 30 persen, sebagai capres pemenang tanpa lawan tanding, masih relatifly dalam rentang range margin of error.

Dengan demikian, maka cawapres menjadi kunci kemenangan. Dinamika elektoralnya tidak terlalu terpaut jauh, bahkan pernah Prabowo menyalip Ganjar, Anies pernah menyalip Prabowo, dan Anies pernah menyalip Ganjar dan Prabowo dan seterusnya.

Memastikan posisi cawapres mampu menggenjot elektabilitas capresnya. Dengan kata lain, cawapres berfungsi sebagai doping politik. Salah mengandeng cawapres bisa menjadi blunder yang mematikan langkah politik capres.

Maka tak heran, parpol koalisi sengaja menyimpan nama cawapres, sejauh ini parpol koalisi tidak akan mau terburu buru mengumumkan cawapresnya. Caranya mengunci nama cawapres, sebab cawapres harus dipastikan kontributif terhadap capresnya, menjadi bagian dari desain adu strategi politik.

Kenapa pening parpol koalisi meracik cawapres ideal potensial pendamping capres? Sebab kalau salah maka bisa bunuh diri politik.

Analis Politik Pangi Syarwi Chaniago mengatakan Penentuan calon wakil presiden (cawapres) menjadi variabel paling menentukan dalam Pilpres 2024 mendatang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News