Elektabilitas Erick Thohir Meroket, Libas Tokoh-Tokoh Lama di Bursa Cawapres

Elektabilitas Erick Thohir Meroket, Libas Tokoh-Tokoh Lama di Bursa Cawapres
Menteri BUMN Erick Thohir makin kuat diusung sebagai Cawapres. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir menjadi tokoh pendatang baru pilihan masyarakat dalam bursa kepemimpinan nasional menjelang Pilpres 2024.

Meski begitu, Ketum PSSI itu berada di posisi puncak bursa calon wakil presiden (cawapres) versi lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN) dan berhasil menggeser para tokoh lama.

Berdasarkan temuan terbaru SPIN, Erick Thohir bertengger di posisi pertama dengan menggeser Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil dan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Eks Presiden Inter Milan ini berada di posisi pertama dengan elektabilitas sebesar 18,2 persen.

AHY berada di posisi kedua dengan elektabilitas sebesar 13,1 persen. Kemudian di tempat ketiga ada Ridwan Kamil dengan elektabilitas cawapres sebesar 10,5 persen.

Dari hasil ini, Direktur Eksekutif SPIN Igor Dirgantara menyatakan Erick Thohir dan AHY mengalami kenaikan elektabilitas dari hasil survei terakhir pada Februari lalu.

Sementara, Ridwan Kamil terjun bebas dari posisi pertama menjadi ketiga.

"Tren Erick Thohir menaik dilihat dari survei Februari 2023 lalu, demikian juga AHY. Sementara Ridwan Kamil menunjukkan tren menurun," terang Igor saat memaparkan laporan hasil survei SPIN periode 27 April hingga 4 Mei 2023.

Erick Thohir bertengger di posisi pertama dengan menggeser Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News