Cawapres Pendamping Jokowi, Puan: Orangnya Sudah Ada

Cawapres Pendamping Jokowi, Puan: Orangnya Sudah Ada
Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla (paling kanan), Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Puan Maharani (paling kiri) dalam Kongres PDIP di Bali, April 2015. Foto: Ricardo/dokumen JPNN.Com

jpnn.com, DENPASAR - Puan Maharani menuturkan, PDIP telah membuat beberapa kriteria cawapres yang akan disandingkan dengan Jokowi.

Diantaranya cawapres itu harus bisa meneguhkan posisi Jokowi. Termasuk dalam urusan elektabilitas.

”Bisa menguatkan presiden nantinya calon presidennya, apakah nantinya bisa manambah suara dan lain-lain. Seperti itulah kriterianya,” ujar dia.

Dia menuturkan beberapa nama sudah dikantongi. Tapi, tentu saja belum bisa diungkapkan kepada publik. Apalagi, kewenangan penentuan calon tersebut juga menjadi hak prerogatif Megawati Soekarnoputri.

”Orangnya pun saya rasa sudah ada, hanya kemudian ya kita matangkan, kemudian kita lihat bagaimana nantinya,” tambah dia.

Soal kriteria cawapres ternyata tidak secara langsung disampaikan Jokowi pada saat pembukaan Rakernas. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menuturkan Jokowi tahu betul bila Mega konsisten mengikuti tahapan pemilu.

”Kita tidak ingin gegeh mongso. Kiita tidak ingin mengambil keputusan terlalu dini, tidak memperhitungkan momentumnya, tidak memperhitungkan suasana kebatinan rakyat,” tambah dia.

Namun, Hasto mengungkapkan bisa jadi siapa calon wapres itu sudah dibicarkaan empat mata antara Mega dan Jokowi.

Puan Maharani mengatakan, sosok cawapres pendamping Jokowi harus mampu meneguhkan urusan elektabilitas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News