Cegah Dampak Konflik Timteng Meluas, Indonesia tak Boleh Lengah

Cegah Dampak Konflik Timteng Meluas, Indonesia tak Boleh Lengah
Pakar hukum internasional Prof Hikmahanto Juwana. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Konflik geopolitik di Timur Tengah sejauh ini tidak berpengaruh pada stabilitas keamanan di Indonesia.

Meski demikian, menurut Guru Besar Hukum Internasional di Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana, hal tersebut harus terus diwaspadai karena perang selalu berdampak ke seluruh dunia.

“Yang perlu diwaspadai adalah masyarakat Indonesia jangan sampai terbelah karena pro Iran atau pro Israel,” kata Hikmahanto Juwana.

Pernyataan itu disampaikan Hikmahanto agar konflik di Timur Tengah tidak mengganggu keamanan di Indonesia.

Hikmahanto mengatakan sulit menjawab bagaimana menjaga agar konflik geopolitik di Timur Tengah tidak memengaruhi kondisi keamanan di Indonesia.

“Soalnya perang di Timur Tengah dampaknya ke seluruh dunia. Agar tidak berpengaruh ke Indonesia, berarti tidak berpengaruh ke dunia. Satu-satunya cara ya perang harus diakhiri,” ujar dia.

Menurut dia, saat ini sudah ada pengaruh konflik di Timur Tengah tetapi ke sektor ekonomi.

Sebab perang membuat adanya pelambatan ekonomi dunia.  Saat ini ekonomi Indonesia sangat terkoneksi dengan ekonomi dunia sehingga perlu ada pengawasan seutuhnya.

Pemerintah Indonesia terus berupaya melakukan langkah-langkah diplomasi untuk meredakan ketegangan atau deeskalasi situasi geopolitik di Timur Tengah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News