Kamis, 20 Juni 2019 – 20:20 WIB

Cegah Kebiasaan Terlalu Banyak Minum

Jumat, 17 Agustus 2018 – 20:54 WIB
Cegah Kebiasaan Terlalu Banyak Minum - JPNN.COM

Ilustrasi minum. Foto: New Healthy Guide

jpnn.com - Semua yang berlebihan tentu tidak baik. Hal ini pula berlaku untuk minum air putih. Pasalnya, konsumsi air yang melebihi batas yang disarankan bisa membahayakan tubuh.

Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, pria dewasa membutuhkan setidaknya 2,5-2,6 liter air putih (setara 8 gelas air) setiap hari. Sedangkan, wanita dewasa membutuhkan minimal 2,3 liter (setara 7 gelas air). Namun, semua itu tergantung dengan kebutuhan dan aktivitas Anda.

Kurang minum air memang dapat menyebabkan dehidrasi karena tubuh tidak mendapatkan asupan cairan yang cukup. Dehidrasi dapat dikelompokkan menjadi tiga derajat keparahan, yaitu dehidrasi ringan, sedang, dan berat.

Jika dehidrasi dibiarkan, maka bisa berkembang menjadi dehidrasi tingkat berat dan mengancam nyawa.

Namun di sisi lain, terlalu banyak minum ternyata juga bisa membahayakan kesehatan, yakni munculnya gangguan hiponatremia.

Bahaya hiponatremia

Hiponatremia disebabkan oleh minum air atau minuman olahraga terlalu banyak yang dapat mencairkan kadar garam darah di bawah kisaran normal. Penurunan kadar garam darah secara tiba-tiba ini dapat menyebabkan semua sel di dalam tubuh membengkak.

Berikut cara mencegah kebiasaan terlalu banyak minum

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar