Cegah Lonjakan Kasus Covid-19, Mbak Rerie: Perkuat Disiplin Prokes dan Kebijakan

Cegah Lonjakan Kasus Covid-19, Mbak Rerie: Perkuat Disiplin Prokes dan Kebijakan
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat atau Mbak Rerie. (Dok. Pribadi)

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat memprediksi peningkatan kasus positif Covid-19 akan mencapai puncaknya pada tiga pekan mendatang.

Karena itu, dia mengingatkan agar pemerintah untuk menginformasikan terkait protokol kesehatan dan kebijakan kepada masyarakat.

"Sejumlah kebijakan pembatasan dan disiplin penerapan Prokes harus tegas dijalankan," kata Lestari dalam keterangan tertulisnya, Jumat (11/2).

Pada Kamis (10/2), Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan akan terjadi puncak kasus varian Omicron pada akhir Februari atau di awal Maret 2022.

Berdasarkan catatan Satgas Covid-19, saat ini penyumbang kasus terbanyak ialah DKI Jakarta dengan 42% jumlah kasus positif Covid-19 nasional, disusul Jawa Barat 23,50% kasus nasional, dan Banten 14,31% jumlah kasus nasional.

Menurut Lestari, catatan tersebut harus diikuti dengan kebijakan yang ketat dan terukur untuk menekan penambahan kasus positif Covid-19.

Sehingga perkiraan lonjakan kasus tersebut dapat diantisipasi.

Sejumlah daerah yang jumlah kasusnya relatif tinggi, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, harus segera mengambil langkah-langkah pencegahan.

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat memprediksi peningkatan kasus positif Covid-19 akan mencapai puncaknya pada tiga pekan mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News