Cegah Penyebaran Cacar Monyet, Alat Pendeteksi Suhu Tubuh Disiagakan di Pelabuhan

Cegah Penyebaran Cacar Monyet, Alat Pendeteksi Suhu Tubuh Disiagakan di Pelabuhan
Petugas mengawasi penumpang menggunakan thermal scanner di pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang, Selasa (14/5). Foto: batampos.co.id / yusnadi nazar

jpnn.com, BATAM - Kantor kesehatan Kementerian Wilayah Pelabuhan Batamcenter langsung mengantisipasi masuknya virus cacar monyet atau monkeypox yang berasal dari Singapura ke Batam, Kepulauan Riau.

Salah satunya dengan memasang alat pendeteksi suhu tubuh atau thermoscanner di berbagai pelabuhan, termasuk Pelabuhan Feri Internasional Batamcenter.

Pemasangan alat tersebut untuk mendeteksi dini suhu penumpang yang datang dari Singapura ke Batam terpapar virus monkeypox atau tidak.

Seperti diketahui, pekan lalu ada satu warga negara Nigeria yang didiagnosa menderita monkeypox saat berada di Singapura.

Baca: Pelaku Teror Penembakan Rumah Warga saat Berbuka Puasa Akhirnya Terungkap

Namun, otoritas Singapura telah mengkarantina penderita tersebut dan memberikan vaksin kepada orang yang berinteraksi dengan korban selama berada di negeri Singa.

Adapun, thermoscanner dipasang di area kedatangan Pelabuhan Feri Internasional Batam Center sejak beberapa hari lalu. Proses kerja alat tersebut dengan memantau suhu tubuh seseorang melalui kamera.

Ketika seseorang melewati kamera itu, maka akan terlihat jelas suhu tubuh orang tersebut. Jika kondisinya normal, maka akan timbul warna hijau di sekitar tubuh orang tersebut. Namun jika suhu tubuhnya panas, maka akan keluar garis bewarna merah.

Kantor kesehatan Kementerian Wilayah Pelabuhan Batamcenter langsung mengantisipasi masuknya virus cacar monyet atau monkeypox yang berasal dari Singapura ke Batam, Kepulauan Riau.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News