Cegah Penyebaran Covid-19, BIN Siap Kawal Vaksin Nusantara

Cegah Penyebaran Covid-19, BIN Siap Kawal Vaksin Nusantara
Deputi 7 Badan Intelijen Negara (BIN) Wawan Purwanto. Foto: tangkapan layar zoom.

jpnn.com, JAKARTA - Deputi 7 Badan Intelijen Negara (BIN) Wawan Purwanto menyambut baik hadirnya pengembangan Vaksin Nusantara buatan dalam negeri.

Dia menjelaskan, jika Vaksin Nusantara bisa diberikan pada pasien komorbid maka ini akan memecahkan satu masalah penting penanganan Covid-19 di Indonesia.

“Untuk vaksin nusantara merupakan solusi yang ditawarkan bagi pasien komorbid, untuk penyakit penyerta ini, jadi Pak Terawan dengan Undip diharapkan bersama kita semua dapat bersinergi,” ujar Wawan dalam Beranda Ruang Diskusi secara virtual dengan tema "Setahun Pandemi, Apa Kabar Vaksin Anak Bangsa?".

BIN, lanjut Wawan, terlibat sejak awal untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 termasuk dengan mendukung pengembangna vaksin karya anak bangsa.

“BIN berperan menghadapi Covid bekerja sama dengan UGM untuk pengembangan testing Genose dan research virus Indonesia, serta dengan TNI Ad dan UNAIR untuk pengembangan obat Covid-19, Eijkman untuk perbesar testing covid-19 dan pengembangan vaksin merah putih,” sambungnya.

Pengembangan Vaksin Nusantara dilakukan Mantan Menteri Kesehatan dr. Terawan Agus Putranto bersama tim peneliti di laboratorium RSUP dr. Kariadi Semarang dan Universitas Diponegoro.

Hasil uji klinis tahap awal Vaksin Nusantara telah memenuhi aspek keamanan karena tidak menimbulkan efek samping yang berarti, juga dianggap menghasilkan peningkatan antibodi pada tubuh.

Catatan Bagi Pemerintah

BIN terlibat sejak awal untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 termasuk dengan mendukung pengembangna vaksin Nusantara karya anak bangsa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News