Cegah Penyelewengan Bantuan Korban Bencana, Ahok Siapkan e-Natura

Cegah Penyelewengan Bantuan Korban Bencana, Ahok Siapkan e-Natura
Basuki Tjahaja Purnama. Foto: Dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Pemberian bantuan kepada warga Jakarta yang menjadi korban bencana, seperti banjir dan kebakaran, tidak akan diberikan secara tunai. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI menyiapkan kartu e-Natura yang merupakan ‎hasil kerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia.

"e-Natura sudah kami siapkan kalau memang dibutuhkan. Misalnya kebakaran, (e-Natura) bisa untuk beli baju, termasuk banjir yang parah sekali," kata Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota, Jakarta, Selasa (17/11).

Ahok, sapaan Basuki, berharap, penyaluran bantuan untuk korban banjir melalui e-Natura bisa terealisasi tahun ini. Menurut Ahok, penggunaan e-Natura bisa mencegah kecurangan terkait pemberian bantuan. Selain itu, memudahkan Pemprov DKI dalam melakukan koreksi.

Ahok menjelaskan, dana yang terdapat di dalam e-Natura berasal dari anggaran pendapatan dan belanja daerah. "Kami ada dana taktis, dana darurat," ujar mantan Bupati Belitung Timur ini. 

Ahok menyerahkan pengurusan e-Natura kepada Dinas Sosial. Termasuk, nominal yang terdapat di dalam kartu tersebut. "Saya enggak tahu (nominalnya), tergantung hitungan Dinas Sosial," ungkapnya. (gil/jpnn)


JAKARTA - Pemberian bantuan kepada warga Jakarta yang menjadi korban bencana, seperti banjir dan kebakaran, tidak akan diberikan secara tunai. Pemerintah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News