Cegah Rusuh, Gubernur Diminta Sering Turba

Cegah Rusuh, Gubernur Diminta Sering Turba
Cegah Rusuh, Gubernur Diminta Sering Turba
JAKARTA -- Kerusuhan berdarah yang melibatkan PT DW Graha di Batam, juga peristiwa Priok beberapa hari lalu, harus menjadi pelajaran berharga bagi para kepala daerah. Mendagri Gamawan Fauzi mengatakan, peristiwa-peristiwa kerusuhan di dua tempat itu bisa dicegah bila kepala daerah-nya rajin turun ke bawah (turba) guna melihat persoalan-persoalan yang ada di wilayahnya.

"Secara umum kita perlu responsif terhadap hal-hal yang terjadi di daerah. Itu yang diminta presiden. Jangan tiba-tiba kita terkejut. Rupanya masalah ini sudah lama, tiba-tiba meledak. Tapi kalau kita turun ke masyarakat, kita sudah mulai mengidentifikasi," ujar Gamawan Fauzi di kantornya, Jumat (23/4).

Karenanya, dia berharap kepala daerah lebih waspada dengan membaca situasi yang ada di lapangan. Seorang kepala daerah tidak boleh hanya diam di kantornya. Guna mengingatkan hal ini, Gamawan pada Jumat (23/4) ini telah mengirim surat yang ditujukan kepada seluruh gubernur se-Indonesia.

"Hari ini saya membuat surat kepada seluruh gubernur untuk mengingatkan seperti itu. Surat edaran untuk mengingatkan supaya menindaklanjuti apa yang disampaikan presiden, supaya lebih sering turun, responsif dengan situasi-situasi yang terjadi," ujarnya.

JAKARTA -- Kerusuhan berdarah yang melibatkan PT DW Graha di Batam, juga peristiwa Priok beberapa hari lalu, harus menjadi pelajaran berharga bagi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News