Cegah Urbanisasi, Ekonomi Desa Harus Diperkuat

Cegah Urbanisasi, Ekonomi Desa Harus Diperkuat
Ilustrasi sawah. Foto: Radar Tarakan/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Rektor Universitas Trilogi Asep Saefuddin mengatakan, perekonomian perdesaan harus ditingkatkan melalui pengembangan teknologi pengolahan hasil pertanian agar tidak terjadi urbanisasi besar-besaran.

"Industri  harus dilihat dari hulu sampai hilir. Kalau hanya hulunya yang diperkuat, sedangkan hilirnya tidak, industrinya tidak akan bergerak. Harusnya yang digerakkan terlebih dahulu adalah industri di desa, agar masyarakat tidak berbondong-bondong ke kota," kata Asep dalam Dies Natalis Keempat Universitas Trilogi, Sabtu (1/4).

Universitas Trilogi, lanjutnya, sudah melakukan MoU dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi untuk program-program pemanfataan teknologi pertanian guna pembangunan perdesaan.

Dengan demikian, makin banyak masyarakat desa ‎yang menyerap teknologi pertanian.

"Masyarakat desa harus tahu bidang pertanian itu tidak hanya pangan, tetapi juga kosmetika, kesehatan, farmasi, alat mesin pertanian, dan lainnya. Jadi cakupannya luas sekali. Kalau ini bisa digerakkan, ekonomi masyarakat desa bisa kuat," tuturnya.

‎Sementara itu, Mendes PDT Eko Putro Sandjojo mengatakan, desa di Indonesia sangat unik.

Ada yang besar seperti di Papua, Sulawesi, dan Kalimantan.

Ada juga yang kecil seperti di Jawa. Ada desa rawan bencana, ada juga yang rawan konflik.

Rektor Universitas Trilogi Asep Saefuddin mengatakan, perekonomian perdesaan harus ditingkatkan melalui pengembangan teknologi pengolahan hasil pertanian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News