Cek Syarat dan Ketentuan Desa BRILiaN 2024, Ayo Daftar!

Cek Syarat dan Ketentuan Desa BRILiaN 2024, Ayo Daftar!
PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. atau BRI melalui Desa BRILiaN telah berperan dalam mendorong peningkatan ekonomi desa di Indonesia. Foto: dok BRI

jpnn.com, JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. atau BRI melalui Desa BRILiaN telah berperan dalam mendorong peningkatan ekonomi desa di Indonesia.

Sejak digulirkan pada 2020, Desa BRILian telah diikuti lebih dari 3.000 desa yang aktif dan berkomitmen untuk maju melalui program-program yang telah direncanakan.

Tahun ini, BRI kembali memberikan kesempatan kepada desa-desa di Indonesia untuk mengikuti ajang Desa BRILiaN 2024.

Pendaftaran Desa BRILiaN 2024 telah dibuka dan BRI memberikan kesempatan bagi desa-desa di Indonesia untuk berkompetisi dan menampilkan inovasi-inovasi terbaik sehingga bisa menjadi pemenang Desa BRILiaN 2024.

BRI menetapkan beberapa syarat utama bagi desa-desa yang ingin berpartisipasi pada Desa BRILiaN 2024 seperti: desa tersebut belum pernah mengikuti program Desa BRILiaN di tahun sebelumnya, harus memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) yang aktif dan produktif memberikan layanan dan kontribusi pada desa dan Desa memiliki Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades).

Selain itu, desa yang ingin mengikuti program ini juga harus mengisi Formulir Kesediaan Keikutsertaan Peserta Desa BRILiaN 2024 yang ditandatangani oleh Kepala Desa dan perwakilan peserta desa lainnya. Selanjutnya, peserta bisa mendatangi unit kerja BRI terdekat dan nantinya proses pendaftaran akan dibantu oleh Mantri BRI.

Seperti diketahui, Desa Bansari yang terletak di lereng Gunung Sindoro, Kec. Bansari, Kab. Temanggung, Prov. Jawa Tengah yang memanfatkan potensi-potensi di desanya sehingga berkembang menjadi desa modern dan maju hingga menjadi Juara 1 Nugraha Karya Desa BRILiaN 2023 sehingga berhak mendapatkan hadiah senilai Rp 1 miliar.

Selain itu, ada pula Desa Kelawi, sebuah desa yang terletak di ujung selatan Pulau Sumatra, yang berhasil melakukan inovasi untuk keberlanjutan dalam mengembangkan pariwisata lokal. Berkat inovasi dan pengembangan tersebut, Desa Kelawi menjadi pemenang Desa Hijau pada Nugraha Karya Desa BRILiaN 2023.

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. atau BRI melalui Desa BRILiaN telah berperan dalam mendorong peningkatan ekonomi desa di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News