Mencemari Lingkungan dan Tak Menjalani Sanksi, Izin PT KCN Dicabut

Mencemari Lingkungan dan Tak Menjalani Sanksi, Izin PT KCN Dicabut
Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto menyatakan izin PT KCN telah dicabut karena mencemari lingkungan dan tidak menaati sanksi. Foto: Ryana Aryadita/JPNN.com.

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup mencabut izin PT Karya Citra Nusantara (KCN).

Hal itu dilakukan pemprov untuk menindaklanjuti hasil pengawasan.

Sebab, PT KCN tidak menaati kewajiban pengelolaan lingkungan hidup yang tertuang dalam Sanksi Administratif Paksaan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2022 pada 14 Maret 2022.

Izin PT KCN dicabut melalui Surat Keputusan (SK) Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Utara Nomor 21 Tahun 2022 tentang Pemberatan Penerapan Sanksi Administratif Pencabutan Keputusan Kepala Kantor Pengelola Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Utara Nomor 56 Tahun 2014 pada 28 Januari 2014 tentang Izin Lingkungan Kegiatan Bongkar Muat oleh PT KCN.

Perusahaan bongkar muat pelabuhan ini diketahui tidak melaksanakan sanksi karena perbuatan pencemaran lingkungan di wilayah Marunda, Jakarta Utara.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan surat keputusan itu diterbitkan sesuai dengan arahan Gubernur DKI Anies Baswedan.

“Bapak Gubernur menegaskan Pemprov DKI Jakarta harus mengutamakan kelestarian lingkungan dan bertindak tegas terhadap pelanggaran,” ujar Asep, Senin (20/6).

SK ini diterbitkan dengan pertimbangan proporsi item yang diperbaiki atau dikerjakan selama periode sanksi administratif tidak sepenuhnya dilaksanakan PT KCN.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup mencabut izin PT Karya Citra Nusantara (KCN).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News