CERI Sarankan PHE Tingkatkan Efisiensi Tender Pipa Tanpa Kartel

CERI Sarankan PHE Tingkatkan Efisiensi Tender Pipa Tanpa Kartel
Ilustrasi pipa. Foto: ANTARA/HO-Eko

jpnn.com, JAKARTA - Center of Energy and Resources Indonesia (CERI) telah dua kali menyurati Direksi PT Pertamina Hulu Energi (PHE) menyarankan adanya pemisahan tender Line Pipe API 5 L dengan Pipe Pile ASTM A-252 untuk meningkatkan efisiensi.

"Secara resmi kami telah melayangkan surat konfirmasi sebanyak dua kali. Namun sama sekali tidak ada jawaban respon apa pun," ungkap Direktur Eksekutif CERI Yusri Usman, Senin (14/8).

Yusri menyayangkan hal tersebut jawaban yang dia terima bukan dari Direksi PHE malahan dikonfirmasi oleh Komisaris Utama PT Pertamina (Persero), Basuki Tjahya Purnama yang akrab disapa Ahok.

Dia pun mengapresiasi respon positif yang ditunjukkan Ahok dan mengharapkan agar proses bisnis di PHE lebih terbuka dan efisien, serta menghindari praktek kartel yang dilarang menurut Undang Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.

"Pemisahan tender akan memberikan kesempatan bagi lebih banyak produsen lokal untuk berpartisipasi, mendorong persaingan yang sehat, dan mendapatkan harga yang lebih kompetitif untuk Pertamina," jelas Yusri.

Menurut Yusri dengan anggaran yang mencapai hampir Rp4 triliun setiap tahun untuk kedua jenis pipa, dia menekankan pentingnya PHE melakukan efisiensi.

"Jika tender dipisahkan, produsen dalam negeri dengan TKDN yang memenuhi syarat dapat ikut serta, menguntungkan Pertamina dengan harga yang kompetitif," saran Yusri.

Yusri berharap Menteri BUMN dan Pertamina Holding mempertimbangkan saran dari CERI, serta mengevaluasi proses yang ada guna meningkatkan transparansi dan efisiensi di PHE.

Dia pun mengapresiasi respon positif yang ditunjukkan Ahok dan mengharapkan agar proses bisnis di PHE lebih terbuka dan efisien

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News