Cerita dari Jakarta, Skenario dari Kairo

Cerita dari Jakarta, Skenario dari Kairo
Cerita dari Jakarta, Skenario dari Kairo
BOS besar Partai Demokrat Mesir (NDP) itu, seperti diharapkan banyak orang, akhirnya memang tumbang. Setelah terjungkal, barulah topeng kebohongan Hosni Mubarak bisa sungguh-sungguh terkuak.

Semula orang hanya tahu Mubarak adalah orang yang pandai membungkus kekejiannya dengan kesantunan. Ia juga selalu menampilkan diri sebagai tokoh demokrasi. Tapi kini media massa Mesir rajin membongkar kebohongan-kebohongan Mubarak dan kroninya, yang ternyata banyak yang korup. Keluarga Mubarak sendiri diprediksi memiliki kekayaan sekurang-kurangnya USD 70 milyar!

Banyak petinggi di Jakarta semula melihat drama sosial politik di Mesir yang dimulai sejak 25 Januari itu, tidak akan sanggup meruntuhkan kekuasaan rezim kebohongan. Sebab dalam pandangan mereka, Mubarak adalah figur pemimpin (militer) Timur Tengah yang disukai Barat. Sikapnya yang keras kepada kelompok Islam radikal, dan persekutuannya dengan Israel, adalah kekuatan yang membentengi Istana.

Tapi sejarah politik Mesir akhirnya mencatat, Jumat, 11 Februrai 2011 itu, Kairo menjadi fotokopi Jakarta, 21 Mei 1998. Cuma Kairo mengubah sedikit skenarionya. Bila Pak Harto langsung menyatakan mundur dan menyerahkannya kepada Wapres BJ Habibie, Mubarak sempat mencoba bertahan. Namun akhirnya mundur juga. Pengumumannya disampaikan Wapres Omar Sulaeman.

BOS besar Partai Demokrat Mesir (NDP) itu, seperti diharapkan banyak orang, akhirnya memang tumbang. Setelah terjungkal, barulah topeng kebohongan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News