Cerita Era Merintis Usaha, dapat Batuan PNM hingga Memberdayakan Perempuan

Cerita Era Merintis Usaha, dapat Batuan PNM hingga Memberdayakan Perempuan
Nasabah PNM Erawati atau akrab dipanggil Era kini mampu memberdayakan perempuan di lingkungannya melalui usaha batik khas Blora. Foto: dok PNM

jpnn.com, JAKARTA - Nasabah Permodalan Nasional Madani (PNM) Erawati atau akrab dipanggil Era kini mampu memberdayakan perempuan di lingkungannya melalui usaha batik khas Blora dan kain eco-print miliknya.

Tak hanya sukses membuat lapangan pekerjaan, Era kini diundang sebagai peserta di Gelar Batik Nusantara (GBN) 2023.

Era menceritakan kini usaha batiknya yang meraup omzet berkali-kali lipat dari plafond awalnya mendapat pinjaman dari PNM saat memulai usaha.

Genap 6 tahun menjadi nasabah binaan PNM, Era memulai plafond sebesar Rp 10 juta dan kini omzetnya meningkatkan plafond sampai dengan Rp 250 juta.

Lahir dan tumbuh di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Era sangat akrab dengan kain batik corak khas daerahnya.

Dia pun menguasai banyak teknik membatik, mulai dari tulis, cap, dan print.

Produk jadi dari Toko Kencana Batik miliknya ini juga beragam seperti outer, jaket, kemeja, bahkan dompet dan tas juga ia sulap dari kain-kain batiknya itu. Era juga mengaku, ia juga menjadi salah satu pemasok dari 10 ribu kemeja batik untuk ASN di Blora.

Keuletan perempuan yang juga ibu rumah tangga ini juga berdampak baik bagi orang-orang di sekitarnya. Sekitar 12 karyawati dari keluarga prasejahtera juga ia pekerjakan di gerainya itu.

Nasabah PNM Erawati atau akrab dipanggil Era kini mampu memberdayakan perempuan di lingkungannya melalui usaha batik khas Blora

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News