Cerita Ki Kusumo tentang Pohon Merambat di Unsada

Cerita Ki Kusumo tentang Pohon Merambat di Unsada
Ki Kusumo (kiri) menanam pohon di Unsada, Pondok Kelapa, Rabu (18/5). Foto: source for JPNN.com

jpnn.com - KI Kusumo bukan sosok yang melakoni falsafah kacang lupa dengan kulitnya. Rabu (18/5) sore tadi, aktor sekaligus produser film itu melakukan aksi tanam pohon persahabatan di Universitas Darma Persada (Unsada), Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

Unsada bukan tempat yang asing buat pria yang juga Ketua Umum Komando Pejuang Merah Putih (KPMP) itu. Unsada adalah tempat dia belajar. Ya, Ki Kusumo merupakan alumni Unsada.

Menurut Ki Kusumo, penanaman pohon tersebut juga tak hanya sebatas karena dia alumni, namun juga untuk penghijauan dan bukti cintanya pada lingkungan sekitar. “Pohon yang ditanam itu berkaitan dengan daya hidup, daya juang dan memiliki kekuatan ikatan yang luar biasa,” katanya. 

Jenis pohon yang ditanam produser film Kusni Kasdut ini adalah pohon yang merambat. “Maknanya adalah persahabatan yang erat antara alumni, antara mahasiswa ataupun almamater dan para pengajarnya, agar terikat jalinan yang kuat sekaligus tetap membangun komunikasi yang baik,” lanjutnya.

Sementara itu, Rektor Unsada Dadang Solihin mengatakan, tradisi tanam pohon persahabatan sebenarnya sudah lama dilakukan.

“Dulu pernah dilakukan oleh Perdana Menteri Jepang Takeo Fukuda dan Pangeran Akishino, namun sempat vakum. Ketika saya menjadi rektor sejak setahun lalu, tanam pohon kembali digalakkan,” jelas Dadang.

Aksi tanam pohon menurutnya tidak hanya berguna bagi tempat berteduh mahasiswa yang belajar di taman, namun bisa menanamkan semangat dan ketokohan pada mahasiswa. “Tujuannya mendekatkan tokoh yang menanam pohon dengan kampusnya, ada rasa kangen dengan pohon yang ditanam. Buat mahasiswa, jadi motivasi agar bisa hebat seperti tokoh yang menanam pohon,” kata Dadang. (adk/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News