Cetak Ribuan Wirausaha Pertanian Milenial Lewat Program PWMP

Cetak Ribuan Wirausaha Pertanian Milenial Lewat Program PWMP
SMK-PPN Banjarbaru selaku Unit Pelaksana Teknis di bawah BPPSDMP Kementan melakukan koordinasi dalam pelaksanaan program Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP) bersama pembimbing dan mentor, serta petani muda milenial. Foto: Dok. Humas Kementan

jpnn.com, BANJARMASIN - Bonus demografi di Indonesia akan dimanfaatkan Kementerian Pertanian untuk mencetak ribuan wirausaha pertanian lewat program Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP).

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan generasi muda merupakan bonus demografi di Indonesia.

“Masa depan pertanian ada di anak-anak muda, di generasi milenial. Untuk itu, kami selalu berupaya agar banyak generasi milenial turun ke sektor pertanian,” katanya.

Mentan SYL menegaskan generasi muda tumbuh bersamaan dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi.

“Generasi milenial dengan ciri kreatif, inovatif, memiliki passion dan produktif. Maka tidak salah rasanya kalau kita letakkan tanggung jawab pembangunan pertanian kepada mereka,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengatakan pertanian itu seksi.

"Karena, banyak sektor usaha yang bisa dikerjakan dan dimanfaatkan. Sehingga peluang-peluang tersebut diharapkan bisa dimanfaatkan oleh generasi milenial," katanya.

Dedi menambahkan, generasi muda juga diharapkan bisa memberikan pembaruan.

Mentan Syahrul Yasin Limpo mengatakan masa depan pertanian ada di anak-anak muda, di generasi milenial.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News