Cetak Sawah Merupakan Janji Nawacita Jokowi

Cetak Sawah Merupakan Janji Nawacita Jokowi
Presiden Joko Widodo dan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. Foto: Fajar

jpnn.com, JAKARTA - Dalam upaya mencapai swasembada pangan, Kementerian Pertanian (Kementan) telah menjalankan beberapa Program Upaya Khusus (UPSUS) salah satunya adalah percepatan peningkatan produksi pangan.

Untuk mendukung peningkatan produksi pangan tersebut, Kementan melakukan program cetak sawah. Cetak sawah dilakukan mengingat saat ini lahan sawah yang semakin berkurang dengan adanya alih fungsi lahan pertanian ke perumahan dan lain lain. Untuk cetak sawah pada tahun 2015 Kementerian Pertanian telah menargetkan 23 ribu hektare namun yang terealisasi adalah 20 ribu hektare, tanpa ada kerja sama dengan TNI.

Memasuki tahun anggaran 2016 Kementan kembali menargetkan cetak sawah seluas 132.167 ha dan terealisasi seluas 129.096 ha, artinya ada lonjakan sangat besar sekali. Lonjakan ini sebagai dampak dari dilaksanakannya kerja sama dengan TNI. Dalam pencetakan sawah ini memang ada yang kurang, perkiraan delapan persen dan sedang dikerjakan.

Namun beberapa waktu lalu Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan bahwa saat ini (tahun 2017) luasan sawah masih cukup dan menurutnya produksi masih bisa dilakukan dengan peningkatan produktifitas, tidak harus dengan cetak sawah lagi.

Sekretaris Jenderal, Kementan, Hari Priyono menjelaskan bahwa cetak sawah merupakan salah satu janji pemerintahan Jokowi-JK kepada masyarakat pada saat kampanye dan ini jelas dituang dalam Nawacita. Cetak sawah baru diprogramkan pemerintahan Jokowi-JK satu juta hektare.

"Dengan target yang begitu besar, mungkin yang perlu dipertimbangkan bagaimana dengan laju konversi sawah yang dipekirakan 100 juta hektare per tahun," ujarnya.

Hari menambahkan bahwa akan terlalu berisiko dalam situasi perubahan iklim yang cukup ekstrem jika hanya menggantungkan pangan pada produktivitas. Data statistik dalam 25 tahun ini menunjukkan bahwa sukses produksi ditentukan oleh sukses areal tanam.

Adalah sangat tepat kebijakan Menteri Pertanian yang memfokuskan dan menekankan pada peningkatan LTT (Luas Tambah Tanam). Pengaruh kinerja produktivitas saat ini masih belum bisa dijadikan tumpuan.

Dalam upaya mencapai swasembada pangan, Kementerian Pertanian (Kementan) telah menjalankan beberapa Program Upaya Khusus (UPSUS) salah satunya adalah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News