Cetak Tenaga Kerja Terampil, HKI Kerjasama Dengan SMK

Cetak Tenaga Kerja Terampil, HKI Kerjasama Dengan SMK
Ketua HKI Kepri, OK Simatupang (dua dari kanan). Foto: batampos/jpg

jpnn.com, BATAM - Himpunan Kawasan Industri (HKI) Kepri telah menjalin kerjasama dengan beberapa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk menghasilkan tenaga kerja terampil siap pakai di Batam, Kepri.

Ini juga untuk mengatasi kesulitan perusahaan mendapatkan tenaga terampil.

"Kami masuk ke sekolah-sekolah," kata Ketua HKI Kepri, OK Simatupang seperti dilansir Batam Pos (Jawa Pos group) hari ini.

Dia mengatakan bahwa pekerja-pekerja yang berada di kawasan industri, mengajarkan langsung para siswa SMK sesuai pekerjaan di dunia industri.

"Misalnya mereka belajar hydrill, kami datangkan orang yang paham dan ahli di bidang itu. Sehingga mereka tau, praktik lapangannya seperti apa. Gak hanya teori saja," ucapnya.

Namun, kata OK tenaga kerja yang memiliki keahlian khusus ini kebanyakan merupakan tenaga kerja asing. Untuk menjadikan orang asing sebagai guru bagi anak-anak SMK ini, membutuhkan berbagai izin. Kadang hal inilah yang menghambat pendidikan vokasi.

"Saat ini di SMK 6, sudah ada kelas Citra (Perusahaan Citratubindo, red), yang memberikan pelajaran kepada anak SMK mengenai pipa yang digunakan untuk aliran migas," tutur Ok.

Siswa SMK yang belajar langsung bagai mana penerapan sebuah teori di lapangan, akan lebih cepat beradaptasi saat terjun ke dunia kerja dibandingkan yang hanya belajar ilmu teori.

Himpunan Kawasan Industri (HKI) Kepri telah menjalin kerjasama dengan beberapa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk menghasilkan tenaga kerja terampil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News