Champion Cabai-Bawang Binaan Kementan Berhasil Mengamankan Pasokan Saat Natal

Champion Cabai-Bawang Binaan Kementan Berhasil Mengamankan Pasokan Saat Natal
Champion cabai dan bawang merah binaan Kementerian Pertanian berhasil mengamankan pasokan pada saat Natal. Foto: Dok. Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Tahun ini masyarakat merayakan Natal dengan tenang karena dapat memperoleh cabai dan bawang merah tanpa merogoh kocek lebih dalam.

Pemerintah mencatat dalam perayaan Natal tahun 2022 ini, pasokan cabai dan bawang merah membanjiri pasar.

Tercukupinya kebutuhan masyarakat yang meningkat di akhir tahun ini tidak lepas dari peran para champion binaan Direktorat Jenderal Hortikultura.

Ketua Champion Cabai Indonesia Tunov Mondro Atmojo menyampaikan bahwa strategi pemerintah dalam menggerakkan para champion dalam menjaga pasokan cabai dan bawang merah dinilai sangat efektif.

“Bukan hanya itu, kami bangga keberadaan kami diapresiasi oleh Menteri Pertanian. Komitmen bersama yang disaksikan langsung oleh Menteri kami rasakan sebagai bentuk penghargaan,” ucap Tunov, Kamis (29/12).

Tunov menerangkan bentuk keterlibatan champion adalah kesiapsediaan melalui barometer pasokan dan harga yang terjadi di PIKJ.

Pada momen tersebut, para champion bergerak membanjiri pasar dengan pasokan yang mereka miliki. Sebagai bentuk aksi komitmen yang telah disepakati.

Terbukti, sekitar 29 ton/hari dari sentra sentra jaringan produsen petani cabai di bawah koordinasi champion menambah pasokan ke pasar - pasar induk di beberapa wilayah sentra konsumen.

Tahun ini masyarakat merayakan Natal dengan tenang karena dapat memperoleh cabai dan bawang merah tanpa merogoh kocek lebih dalam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News