Charoen Serahkan 3 Mobile Dryer untuk Bantu Petani Jagung

Charoen Serahkan 3 Mobile Dryer untuk Bantu Petani Jagung
MOBILE DRYER: Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan I Ketut Diarmita menerima penyerahan mobil pengering jagung dari PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN) di Jakarta, Jumat (3/8). Foto: Fathan Sinaga/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN) menyerahkan tiga unit mobil pengering (mobile dryer) untuk jagung ke Kementerian Pertanian (Kementan), Jumat (3/8). Nantinya, mobil pengering itu akan diserahkan kepada petani yang membutuhkan.

Tiga unit mobil pengering jagung ini nanti akan dikelola oleh Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA). Komisaris Utama CPIN T Hadi Gunawan mengatakan, mobil pengering jagung itu akan menjangkau petani di daerah terpencil.

"Petani jagung sangat kesulitan setelah pascapanen, tidak memiliki sebuah mesin pengering sehingga harus menunggu lama untuk menjemur. Tetapi sekarang tidak, kami tidak menunggu bola, tapi menjemput bola," kata Hadi di kantor Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan.

Dia menambahkan, mobil pengering itu juga untuk mendukung program Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dalam mewujudkan swasembada pangan, khusus jagung. Selain itu, mobil pengering juga akan membantu petani menekan ongkos produksi.

"Kami mendekatkan fasilitas ke sentra produksi jagung terutama yang jauh dari fasilitas. Mempermudah mengurangi biaya transportasi dan pascapanen," katanya.

Hadi menambahkan, para petani di pelosok daerah kerap mengeluhkan soal pengeringan hasil panen mereka. Karena itu, tambahnya, pihaknya mencarikan solusi menciptakan konsep mobile dryer.

"Kami berharap konsep mobile dryer ini dengan dukungan pemerintah, asosiasi, swasta, bisa lahirkan solusi untuk petani jagung yang ada di daerah terpencil," pungkas dia.(tan/jpnn)


PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN) menyerahkan tiga unit mobil pengering (mobile dryer) untuk jagung ke Kementerian Pertanian (Kementan).


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News