Chile Diguncang Gempa 8,3 SR, Disusul Tsunami 3,1 Meter, Lima Orang Tewas

Chile Diguncang Gempa 8,3 SR, Disusul Tsunami 3,1 Meter, Lima Orang Tewas
Orang berkumpul di bukit Placeres setelah peringatan tsunami dikeluarkan di Valparaiso, Chile pada Kamis (17/9) pagi. Foto: AFP

jpnn.com - SANTIAGO - Gempa bumi berkekuatan 8,3 skala richter melanda Chile tengah pada awal Kamis pagi sedikitnya menewaskan lima orang, Rabu (16/9). Selain korban tewas, tiga korban lainnya mengalami luka serius.

Bencana itu juga menyebabkan satu peringatan tsunami dikeluarkan. Survei Geologi Amerika Serikat (AS) mengatakan, beberapa guncangan turut terjadi di negara itu.

Getaran tersebut dapat dirasakan hingga sejauh sekitar 1.400 kilometer di Buenos Aires, Argentina.

AFP melaporkan tsunami dengan gelombang besar terlihat sepanjang pantai Chili bersamaan dengan guncangan gempa dasyat tersebut. Data Pacific tsunami warning center menginformasikan di dekat Coquimbo, gelombang terukur setinggi 3,11 meter.

Seperti dilansir CNN, Kamis (17/9), Wali Kota Coquimbo Cristian Galleguillos, saat ini kota tersebut sudah mulai mengalami banjir dan 95 persen aliran listrik mati. Evakuasi warga yang terkena bencana terus dilakukan.

Serangkaian gempa susulan bisa dirasakan di ibukota negara itu hingga jarak 230 kilometer (145 mil) dari pusat gempa.(CNN/AFP/ray/jpnn)


SANTIAGO - Gempa bumi berkekuatan 8,3 skala richter melanda Chile tengah pada awal Kamis pagi sedikitnya menewaskan lima orang, Rabu (16/9). Selain


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News