China Bermimpi Meniru Taliban, Taiwan Bisa Bernasib Seperti Afghanistan?

China Bermimpi Meniru Taliban, Taiwan Bisa Bernasib Seperti Afghanistan?
Angkatan darat, laut, dan udara Taiwan menggelar latihan militer penembakan langsung dengan simulasi untuk memukul mundur pasukan musuh. Foto: Reuters

jpnn.com, TAIPEI - Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu pada Sabtu menuduh China ingin "meniru" Taliban.

Dia mengatakan Taiwan, yang diklaim Beijing sebagai wilayah China yang berdaulat, tidak ingin menjadi subyek komunisme atau kejahatan kemanusiaan.

Jatuhnya pemerintah Afghanistan yang didukung AS dalam waktu singkat ke Taliban telah menyulut debat panas di Taiwan tentang apakah mereka bisa mengalami nasib yang sama dengan invasi China.

Media pemerintah China mengatakan apa yang terjadi di Kabul menunjukkan kepada Taiwan bahwa mereka tak bisa mempercayai Washington.

Menanggapi pernyataan Departemen Luar Negeri AS yang meminta China untuk berhenti menekan pulau itu, lewat Twitter Wu mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada AS yang telah mengangkat harapan dan kepentingan terbaik rakyat Taiwan.

"Termasuk demokrasi & kebebasan dari komunisme, otoritarianisme & kejahatan terhadap kemanusiaan," cuit Wu.

"China bermimpi meniru Taliban, tapi biarkan saya berterus terang: Kami punya kemauan & sarana untuk membela diri," kata Wu tanpa menjelaskan lebih jauh.

Belum ada respons dari China karena Kantor Urusan Taiwan tidak menjawab panggilan untuk dimintai komentarnya di luar hari kerja.

Jatuhnya pemerintahan Afghanistan ke tangan Taliban telah menyulut debat panas di Taiwan tentang apakah mereka bisa mengalami nasib yang sama dengan invasi China

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News