Proliga 2022

China Gunakan Sanksi untuk Paksa Lansia Ikut Vaksinasi

China Gunakan Sanksi untuk Paksa Lansia Ikut Vaksinasi
Warga melewati poster yang mengajak orang tua untuk divaksinasi COVID-19 di kompleks perumahan di Beijing, China, 30 Maret 2022. Foto: ANTARA/Reuters/Tingshu Wang/as

jpnn.com, BEIJING - Pemerintah China berupaya mengatasi tingkat vaksinasi COVID-19 yang rendah di kalangan warga lanjut usia (lansia) dengan pemberian insentif dan juga sanksi.

Di provinsi Guangdong, seorang guru diberi tahu sekolahnya bahwa dia harus mencari empat lansia berusia 60 tahun ke atas yang belum divaksin dan membujuk mereka untuk disuntik vaksin COVID-19 agar tingkat inokulasi di daerahnya meningkat.

Jika tidak, kinerja sang guru akan terkena imbas.

"Tapi (saya) harus mengajar di kelas… Saya tak bisa begitu saja meninggalkan murid-murid dan pergi mencari 'jarum dalam jerami'," kata guru yang mengaku bernama Sherry itu kepada Reuters.

Karena guru-guru lain di daerahnya juga mendapat tugas yang sama, Sherry mengatakan dia harus mengeluarkan uang untuk bersaing mendapatkan lansia.

Dia mengaku telah menghabiskan hampir 1.000 yuan (sekitar Rp 2,26 juta) untuk mendapatkan dua orang lansia yang mau divaksin.

Varian Omicron telah memicu wabah COVID terbesar di negara berpenduduk terbanyak di dunia itu dalam beberapa bulan terakhir kendati jumlah kasusnya tergolong moderat jika dibandingkan negara-negara lain.

Ada 38 ribu lebih kasus lokal bergejala pada Maret, atau lebih dari empat kali lipat total infeksi yang tercatat selama 2021. China menghitung data pasien tanpa gejala secara terpisah dari kasus terkonfirmasi.

China mengkhawatirkan situasi di Hong Kong, di mana sebagian besar kematian dalam wabah COVID baru-baru ini menimpa warga lansia

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News