China Tolak Embargo Minyak Iran

China Tolak Embargo Minyak Iran
China Tolak Embargo Minyak Iran
BEIJING - Keinginan Amerika Serikat untuk meminta dukungan China dalam embargo minyak Iran, tampaknya tak membuahkan hasil. Padahal, Menteri Keuangan Amerika Serikat Timothy Geithner pada Selasa lalu mengunjungi Beijing untuk mencari dukungan bagi sanksi AS pada industri minyak Iran, tetapi para pejabat China menentang keras aksi itu.   

Apa tanggapan Beijing?  Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Liu Weimin pada Rabu (11/1) dalam jumpa pers, mengatakan, tidak rasional bahwa sebuah negara ingin menduniakan undang-undang internalnya dan juga meminta negara-negara lain untuk melaksanakannya.

"China sebagai sebuah negara besar akan melanjutkan impor minyak Iran untuk memenuhi permintaan logis kebutuhan energinya," tambah Weimin seperti dilansir Radio Iran, Irib, Kamis (12/1)

Weimin meyakinkan bahwa pihaknya senantiasa menegaskan bahwa kerja sama China dengan Iran di sektor energi adalah normal dan transparan. "Kerja sama itu tidak melanggar resolusi-resolusi Dewan Keamanan PBB."

BEIJING - Keinginan Amerika Serikat untuk meminta dukungan China dalam embargo minyak Iran, tampaknya tak membuahkan hasil. Padahal, Menteri Keuangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News