China Usut 10.708 Kasus Pelanggaran HAM terhadap Muslim Uighur, Hasilnya Mengejutkan

China Usut 10.708 Kasus Pelanggaran HAM terhadap Muslim Uighur, Hasilnya Mengejutkan
Aparat penegak hukum Daerah Otonomi Xinjiang (XUAR) dan Kementerian Luar Negeri China saat mengumumkan hasil investigasi 10 ribu lebih kasus dugaan pelanggaran HAM terhadap muslim Uighur dan etnis minoritas lainnya di Xinjiang, Jumat (9/4). Foto: ANTARA/M. Irfan Ilmie

jpnn.com, BEIJING - Aparat penegak hukum Daerah Otonomi Xinjiang, China, telah memeriksa 10.708 kasus dugaan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) terhadap muslim Uighur yang dituduhkan Barat. Hasilnya, tak satu pun tuduhan yang terbukti.

“Kami telah memeriksa fakta 10.708 kasus yang terdaftar dalam apa yang disebut database ‘korban’ di Xinjiang yang diduga menjadi bukti ‘pelanggaran HAM berat’ China di Xinjiang, termasuk penahanan massal terhadap orang-orang dari kelompok etnis minoritas dan program wajib sterilisasi,” kata juru bicara Pemerintah Daerah Otonomi Xinjiang, Xu Guixiang, di Beijing, Jumat (9/4).

Setelah melalui proses identifikasi dan pengecekan, lanjut dia, ternyata data tentang pelanggaran HAM tersebut tidak benar.

“Database ‘korban’ Xinjiang tersebut merupakan taktik lain untuk mencoreng China,” ujar Xu yang juga Deputi Direktur Departemen Publikasi Partai Komunis China (CPC) Daerah Otonomi Xinjiang itu.

Dia menyebutkan salah satu nama yang terdaftar dalam database, Sayragul Sauytbay.

Perempuan dari kelompok etnis minoritas Kazakh yang tinggal di Kabupaten Zhaosu, Prefektur Yili, itu mengaku dipaksa bekerja di kamp penahanan.

“Setiap hari Sayragul bekerja di taman kanak-kanak. Bagaimana bisa dia dipaksa bekerja di kamp?” kata Xu menirukan pengakuan teman-teman Sayragul sesama guru TK di Zhaosu.

Sementara itu, Wakil Kepala Kepolisian Daerah Otonomi Xinjiang Yalkun Yakufu mengungkapkan Sayragul melarikan diri ke luar negeri secara ilegal untuk menghindari jeratan hukum atas kasus penipuan pinjaman uang.

Petinggi Partai Komunis China mengumumkan hasil investigasi terhadap 10 ribu lebih kasus dugaan pelanggaran HAM terhadap etnis minoritas, termasuk Muslim Uighur

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News