Rabu, 18 Juli 2018 – 07:58 WIB

Cianjur Siap Jadi Penyangga Benih Bawang Putih di Jawa Barat

Kamis, 12 Juli 2018 – 19:24 WIB
Cianjur Siap Jadi Penyangga Benih Bawang Putih di Jawa Barat - JPNN.COM

jpnn.com, CIANJUR - Dalam berbagai kesempatan, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman memberikan pesan bahwa Indonesia akan mencapai swasembada bawang putih pada tahun 2021.

Luas lahan yang dibutuhkan untuk mencapai swasembada tersebut kurang lebih 80 ribu Ha. Untuk mencapai target tersebut Kementan melalui Direktorat Jenderal Hortikultura melakukan upaya khusus dengan mendorong semua potensi di wilayah sentra utama bawang putih untuk terus melakukan pengembangan dan perluasan sentra menuju swasembada bawang putih.

Menurut Kepala Bidang Hortikultura Hasan, Dinas Pertanian Kabupaten Cianjur bahwa potensi pengembangan bawang putih di Cianjur mencapai 3.750 Ha yang tersebar di empat kecamatan yaitu,Sukaresmi 1.000 Ha, Pacet 300 Ha, Sukanegara 1.700 Ha dan Cugenang 750 Ha. Lokasi kami berada di ketinggian 800 -1.200 dpl dengan kondisi agroklimat yang sangat cocok untuk pengembangan bawang putih.

"Cianjur siap menjadi sentra baru sekaligus menjadi penyangga benih bawang putih nasional menuju swasembada bawang putih 2021," ungkapnya.

Champion bawang putih Kabupaten Cianjur Ajat Sudrajat menjelaskan bahwa kelompok tani binaannya sangat antusias dalam pengembangan bawang putih.

Hal ini terlihat dari beberapa kelompok tani kami di wilayah Kecamatan Cugenang dan Cipanas melakukan pertanaman dengan swadaya.

Kelompok kami telah melakukan tanam perdana seluas 5 Ha pada Selasa (10/7), di Desa Batu lawang Kecamatan Cipanas bersama Wakil Bupati Cianjur Bapak Herman Suherman.

Ini membuktikan bahwa pemerintah daerah sangat konsent dalam mendukung pengembangan bawang putih di Cianjur.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar