Cilegon Bersiap Hadapi Banjir

Cilegon Bersiap Hadapi Banjir
Cilegon Bersiap Hadapi Banjir

jpnn.com - CILEGON – Satuan Koordinasi Pelaksana Penanggulangan Bencana (Satkorlak PB) Badan Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Kesbanglinmas) Kota Cilegon sudah mempersiapkan diri untuk menanggulangi korban banjir.

Sebagai langkah antisipasi penanganan banjir, Satkorlak PB sudah berkoordinasi untuk mengimbau dan mengingatkan agar seluruh kelurahan melakukan gotong royong terutama membersihkan saluran-saluran air.

“Jadi kita sudah koordinasikan dengan kelurahan. Agar banjir bisa ditanggulangi maka seluruh masyarakat di seluruh kelurahan harus bersama-sama melakukan gotong-royong. Seperti membersihkan drainase dan tempat-tempat lainnya yang bisa mengakibatkan tergenangnya air,” kata Kepala Sub-Bidang (Kasubbid) Satkorlak PB Kesbanglinmas Ahmad Ma'ruf dilansir Radar Banten (Grup JPNN.com), Minggu (30/11).

Selain itu, kata dia, penanganan banjir juga sudah dikoordinasikan dengan pihak terkait. Seperti Dinas Pekerjaan Umum (PU). Dinas PU juga dilibatkan dalam penanganan antisipasi banjir seperti dengan memperbaiki drainase-drainase yang kerap tersumbat.

“Jadi, persoalan banjir tidak hanya menjadi masalah Satkorlak PB saja. Tapi juga seluruh masyarakat Cilegon,” tuturnya.
 
Lebih lanjut, pihaknya juga sudah membuat jadwal piket. Jadi, nanti yang kebagian piket harus memonitor wilayah mana saja yang rawan banjir.

“Mereka harus turun langsung dan memastikan apakah wilayah rawan banjir tersebut, jika hujan turun terus-menerus mengakibatkan banjir atau tidak. Dan untuk sementara, yag piket ini setiap harinya baru dua orang. Jadi setiap hari, minimalnya yang piket itu dua orang,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Linmas Udan mengatakan, langkah antisipasi yang dilakukan tidak hanya dengan dinas terkait dan pihak kelurahan saja.

“Kita juga selalu berkoordinasi dengan BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika). Dengan BMKG kita koordinasi untuk melihat wilayah mana saja yang diperkirakan bakal hujan besar dan dalam jangka waktu cukup panjang,” katanya.

CILEGON – Satuan Koordinasi Pelaksana Penanggulangan Bencana (Satkorlak PB) Badan Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Kesbanglinmas)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News