Cina Dominasi Impor Semester I 2009

Cina Dominasi Impor Semester I 2009
Cina Dominasi Impor Semester I 2009
JAKARTA - Nilai impor Indonesia pada semester pertama tahun 2009 yang mencapai USD 900 juta, sebagian besar didominasi oleh Cina, khususnya untuk produk elektronik. "Dari nilai impor yang sebesar USD 900 juta, 30 persennya berasal dari Cina, dan sisanya merupakan gabungan dari Singapura, Hongkong, India dan Korea Selatan," jelas Dirjen Perdagangan Luar Negeri Departemen Perdagangan (Depdag), Diah Maulida, Rabu (22/7).

Diah mengatakan, dari total realisasi impor tersebut, sekitar 70 persennya disumbangkan oleh produk telepon genggam. Sedangkan 30 persen lainnya, berasal dari produk laptop, air conditioner (AC), personal computer (PC), rice cooker, televisi, radio, serta mesin cuci.

Sementara itu disebutkan juga, importir dari beberapa produk yang diawasi pelaksanaan impornya oleh Depdag RI, ternyata juga masih didominasi oleh produk bermerk. Produk-produk itu antara lain adalah Trikomsel, Okeshop, Acer dan Metrodata untuk produk elektronik, sedangkan untuk alas kaki masih didominasi oleh Bata dan Nike, serta tekstil dikuasai oleh produk yang berasal dari Levi's dan Mitra Ade Perkasa.

Perlu diketahui juga, berdasarkan data Depdag RI, jumlah importir terdaftar dan importir produsen untuk produk elektronika, saat ini mencapai 679 dari total keseluruhan 1.509 importir kelima produk tersebut. Disusul kemudian dengan produk mainan anak-anak dengan 231 importir, makanan-minuman (210 importir), TPT (201 importir), serta alas kaki sebanyak 188 importir. (cha/JPNN)

JAKARTA - Nilai impor Indonesia pada semester pertama tahun 2009 yang mencapai USD 900 juta, sebagian besar didominasi oleh Cina, khususnya untuk


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News