Cina Ingin Batasi Organ Tubuh dari Tahanan

Cina Ingin Batasi Organ Tubuh dari Tahanan
ORGAN - Sekelompok dokter tampak tengah melakukan operasi transplantasi organ tubuh di salah satu rumah sakit di Cina. Foto: Chinadaily.com.cn.
BEIJING - Sebagian besar organ tubuh yang digunakan untuk transplantasi di Cina, disebutkan berasal dari tahanan yang dieksekusi. Demikian antara lain seperti diberitakan salah satu media setempat, China Daily, seperti dirilis AP, Kamis (27/8) dinihari WIB.

Pengungkapan ini termasuk bagian dari upaya mengkritik industri organ tubuh yang kerap dinilai tak etis di negara tersebut. Bukan kebetulan jika pada pekan ini, Kementerian Kesehatan Cina bersama kalangan Palang Merah negeri itu, baru saja meluncurkan sebuah sistem donor organ nasional demi mengurangi ketergantungan pada pemanfaatan jenazah tahanan tersebut dan lebih mendorong aktivitas donor dari kalangan publik.

"Tahanan yang dieksekusi jelas-jelas bukan merupakan sumber yang pantas untuk transplantasi organ tubuh," ungkap laporan tersebut, mengutip pernyataan Wakil Menteri Kesehatan Huang Jiefu. Ia memang sudah pernah menyampaikan ke publik soal itu, meski dikatakan pengambilan organ tetap dilakukan dengan persetujuan lebih dulu dari yang bersangkutan.

Sementara itu, kalangan medis serta kelompok aktivis HAM internasional, termasuk yang sudah lama mengkritik aktivitas transplantasi organ di Cina tersebut. Mereka kerap menyebutnya sebagai sebuah tindakan yang tak etis serta lebih didasari pada tujuan keuntungan material. Para pengkritik juga menyebutkan bahwa kemungkinan besar tahanan yang bakal dieksekusi sebenarnya merasa terpaksa sebagai donor organ.

BEIJING - Sebagian besar organ tubuh yang digunakan untuk transplantasi di Cina, disebutkan berasal dari tahanan yang dieksekusi. Demikian antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News