Ciptakan Peluang Kerja, Sukarelawan Sandi Uno Sulap Eceng Gondok jadi Bernilai

Ciptakan Peluang Kerja, Sukarelawan Sandi Uno Sulap Eceng Gondok jadi Bernilai
Aksi Jaringan Sandi Uno membantu masyarakat desa dalam mengembangkan kreativitas, serta menciptakan lapangan kerja baru di Kabupaten Kuningan. Foto dok Jaringan Sandi Uno

jpnn.com, KUNINGAN - Aksi Jaringan Sandi Uno membantu masyarakat desa dalam mengembangkan kreativitas, serta menciptakan lapangan kerja baru di Kabupaten Kuningan.

Ketua Jaringan Sandi Uno Kabupaten Kuningan, Yayan Sofyan mengatakan eceng gondok sering dianggap sebagai tumbuhan hama yang mengotori air kolam.

Oleh karena itu, tanaman ini bisa disulap menjadi kerajinan yang memiliki nilai jual tinggi dalam menghasilkan income.

"Kami menggelar pelatihan handycraft dari eceng gondok, karena ini merupakan salah satu yang dianggap masyarakat sebagai sampah. Dengan demikian Aksi Jaringan Sandi Uno membuat ide bahwa sampah bisa menciptakan lapangan pekerjaan dan menghasilkan income," ujar Yayan di Aula Serbaguna Desa Sindangagung, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Selasa (24/1).

Yayan menjelaskan pelatihan ini dapat memotivasi masyarakat untuk menghasilkan pendapatan.

Pihaknya juga akan memberikan modal usaha hingga memasarkan ke daerah-daerah di Indonesia.

"Adanya pelatihan handycraft eceng gondok ini bisa memotivasi masyarakat untuk menambah pendapatan. Maka akan dilakukan pendampingan, pemasaran, perizinan, serta permodalannya," jelas Yayan.

Para peserta antusiasme mencoba membuat kreativitas dari eceng gondok. Dari setiap kelompok menghasilkan produk anyaman, berupa tas, topi, dompet, hingga ada juga kursi.

Aksi Jaringan Sandi Uno membantu masyarakat desa dalam mengembangkan kreativitas, serta menciptakan lapangan kerja baru di Kabupaten Kuningan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News