Cirus Masih Tetap Saksi

Cirus Masih Tetap Saksi
Cirus Masih Tetap Saksi
JAKARTA-Pimpinan jaksa peneliti kasus Gayus Tambunan, Cirus Sinaga diperiksa oleh penyidik Mabes Polri kemarin. Cirus datang didampingi oleh tiga rekannya yang lain yakni Fadil Regan, Ika Savitri dan Eka Kurnia. Mereka dimintai keterangan sebagai saksi.  Cirus datang menggunakan Toyota Fortuner B 2082 DO sekitar pukul 10.10. Turun dari mobil di depan ruang Gedung Rupatama Mabes Polri Cirus irit komentar. Dia hanya tersenyum sambil mengacungkan jempol.

   

Saat ditanya apa yang dipersiapkan Cirus malah ganti bertanya. "Lha menurut kalian apa, yang disiapkan ya berkas," kata mantan kajari Lubuk Pakam, Sumatera Utara itu sembari masuk ke dalam ruangan. Rekan-rekan Cirus juga tak mau berkomentar. Dengan langkah terburu-buru mereka mengiringi seniornya menuju ruang pemeriksaan. Para anggota Korps Adhyaksa itu diperiksa di ruangan Divisi Pembinaan Hukum (Binkum) Mabes Polri.

    

Dalam penanganan perkara Gayus, Cirus merupakan ketua tim jaksa peneliti dan Fadil menjadi anggotanya. Hasil eksaminasi lantas menyebutkan ada ketidakcermatan dalam menangani perkara itu. Kemudian, pemeriksaan oleh jajaran pengawasan menunjukkan keduanya merupakan yang ?menghilangkan? pasal korupsi dalam perbuatan Gayus.

    

Padahal, dua jaksa peneliti lainnya, Eka Kurnia Sukmasari dan Ika Safitri Salim berpendapat, ada perbuatan korupsi sehingga harus berkoordinasi dengan bidang pidana khusus. (Jawa Pos, 23/4). Akibatnya, hasil pemeriksaan jajaran pengawasan menjatuhkan sanksi untuk Cirus berupa pencopotan dari jabatan struktural dan penurunan pangkat satu tingkat lebih rendah untuk Fadil. Meski ketidakcermatan itu ada unsur kesengajaan, namun belum diketahui motifnya.

    

JAKARTA-Pimpinan jaksa peneliti kasus Gayus Tambunan, Cirus Sinaga diperiksa oleh penyidik Mabes Polri kemarin. Cirus datang didampingi oleh tiga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News