Citarum Dicemari Limbah Manusia

Citarum Dicemari Limbah Manusia
Citarum Dicemari Limbah Manusia
BANDUNG – Sungai Citarum sudah benar-benar tercemari limbah. Buktinya, dari 75 sampel yang diuji Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BLHD) Kabupaten Bandung, 68 sampel di antaranya dalam kondisi buruk akibat limbah domestik dan industri atau secara persentase sudah 90 persen tercemari.

”Limbah yang paling dominan yakni limbah domestik. Kebanyakan limbah tersebut berasal dari tinja yang dibuang ke sungai sembarangan,” kata Kepala BPLHD Kabupaten Bandung Atih Witartih kepada wartawan Kamis (12/1).

Atih merinci, sebesar 70 persen limbah dihasilkan dari rumah tangga dan sisanya industri. Ia menduga, tingginya pencemaran limbah tinja diakibatkan sudah tak dipakainya instalasi pengelolaan limbah tinja (IPLT) milik Pemkab di Cibeueut, Kecamatan Ibun. ”Tidak berfungsinya IPLT menyebabkan masyarakat langsung membuang tinja ke sungai,” kata dia.

Menurut Atih, sejak tidak berfungsinya IPLT Cibeueut, otomatis limbah tinja sebanyak 3,2 juta jiwa warga Kabupaten Bandung dibuang ke Sungai Citarum. ”Ditambah lagi dengan limbah domestik kiriman dari Kabupaten Sumedang, Kota Bandung, dan Kota Cimahi,” tambah dia.

BANDUNG – Sungai Citarum sudah benar-benar tercemari limbah. Buktinya, dari 75 sampel yang diuji Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BLHD)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News