Citra DPR Bakal Tambah Hancur karena Three Musketeer

Citra DPR Bakal Tambah Hancur karena Three Musketeer
Ketua DPR Setya Novanto (tengah) bersama dua Wakil Ketua DPR Fadli Zon (paling kiri kiri) dan Fahri Hamzah (kanan). Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI) Ari Junaedi menyayangkan langkah Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah dan Fadli Zon yang mempersoalkan pencegahan atas Setya Novanto.

Menurut Ari, suara lantang Fahri dan Fadli yang mengusik pencegahan atas ketua DPR itu bisa menjadikan rakyat semakin muak terhadap elite-elite politik di parlemen. Apalagi pencegahan atas Setnov -panggilan Novanto- karena demi kepentingan penyidikan perkara dugaan korupsi e-KTP.

"Masyarakat akan semakin muak dengan perilaku elite-elite DPR yang menghambat upaya penuntasan kasus korupsi e-KTP oleh KPK. Ingat, masyarakat pula yang hingga sekarang mengalami kesulitan mendapatkan e-KTP,” katanya di Jakarta, Kamis (13/4).

Citra DPR Bakal Tambah Hancur karena Three Musketeer

Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI) Ari Junaedi. Foto: dokumen JPNN.Com

Lebih lanjut Ari mengatakan, permintaan Fahri dan Fraksi Partai Golkar ke Presiden Joko Widodo agar membatalkan pencegahan atas Setnov justru kontraproduktif bagi upaya memulihkan kepercayaan masyarakat terhadap citra DPR. Apalagi ada kesan bahwa publik kesulitan memperoleh e-KTP karena proyeknya dikorupsi.

"Efek tidak memiliki e-KTP seperti kesulitan saat mengurus administrasi kependudukan, terhambat dalam mengurus pendaftaran sekolah serta kendala mendaftar lamaran kerja pasti tidak akan dialami oleh orang-orang seperti Fahri Hamzah Fadli Zon serta Setnov,” ulas mantan wartawan itu.

Selain itu Ari juga mengatakan, publik luas menempatkan trio Setnov, Fahri dan Fadli sering bertindak dan bercakap arogan. "Makin kuat juga opini di masyarakat kalau 'three musketeer' DPR ini ini selalu arogan, menyimpang, nyeleneh, menang sendiri serta berseberangan dengan pendapat umum,” ulasnya.(jpg/jpnn)


Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI) Ari Junaedi menyayangkan langkah Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah dan Fadli Zon yang mempersoalkan pencegahan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News