CJH Diminta Waspadai Dingin di Arab Saudi

CJH Diminta Waspadai Dingin di Arab Saudi
CJH Diminta Waspadai Dingin di Arab Saudi
JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta seluruh calon jamaah haji (CJH) mewaspadai cuaca dingin di Arab Saudi saat musim haji nanti. Sebab, hal itu sering mengakibatkan kondisi tubuh CJH menurun sehingga mudah terserang penyakit.

Dirjen Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan (Binfar Alkes) Kemenkes Sri Indrawaty mengatakan, penyakit-penyakit yang biasa menyerang CJH saat musim dingin adalah kulit bersisik dan gatal, mimisan, bibir pecah, infeksi pernapasan, gangguan pencernaan, gangguan otot dan tulang, serta dehidrasi. Selain itu, ada jenis penyakit berat yang dapat menyerang jamaah. Misalnya, jantung dan sistem saraf.

''Kami akan terus mengantisipasi kemungkinan adanya serangan penyakit saat musim dingin di Arab Saudi. Pasalnya, musim dingin di sana dapat berakibat tidak baik pada kondisi fisik dan mental calon jamaah haji,'' katanya, Jumat (24/9).

Dia menyebutkan, musim dingin di Arab Saudi dimulai pada Oktober dan mencapai puncak pada November-Desember. Musim dingin itu baru berakhir Maret mendatang. Untuk membantu kesehatan CJH, Kemenkes menyediakan dokter spesialis penyakit dalam, paru-paru, dan jantung.

JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta seluruh calon jamaah haji (CJH) mewaspadai cuaca dingin di Arab Saudi saat musim haji nanti. Sebab,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News