Ckck.. Ada yang Masak Mi Sekaligus Pembungkusnya

Ckck.. Ada yang Masak Mi Sekaligus Pembungkusnya
Ilustrasi. Foto: twitter

SURABAYA—Plastik bukan hanya dipakai untuk pengolahan gorengan.  Ternyata plastik  juga digunakan penjual mi instan. Di warung-warung, banyak penjual yang nekat melakukan hal tersebut. Dampak yang ditimbulkan juga sama bahaya seperti menggoreng jajanan dengan plastik.

Sebenarnya, mencampur bungkus plastik dengan mi instan ketika memasak bertujuan praktis. Tidak banyak membuang waktu. Misalnya, ada empat orang yang ingin membeli mi instan. Ada yang memesan mi goreng, ada pula yang memesan mi rebus. Nah, penjual akan lebih mudah menggunakan cara itu. Cara penyajian pun cepat.

Jawa Pos melihat langsung pembuatan mi seperti itu di kawasan Karang Menjangan, Surabaya. Awalnya, penjual mi mengeluarkan bumbu dari dalam bungkus. Bumbu tersebut lalu dibubuhkan ke atas piring. Saat air mulai mendidih, bungkus mi yang sudah terbuka bagian atasnya tidak dicopot. Saat ditiriskan, masih terlihat bungkus plastik warna putih yang menempel. Setelah menyaring airnya, mi beserta pembungkusnya itu dihidangkan di atas piring.

Sebelum mengaduk rata, sang penjual memungut plastik yang sudah mengerut itu. Setengah kepanasan, tangannya mengambil bungkus tersebut, lalu memasukkannya ke tempat sampah. Baru kemudian, mi diaduk kembali.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News