Coaching Clinic Partai Golkar: Andi Rio Ungkap Rahasianya Tiga Kali Terpilih Jadi Anggota DPR

Coaching Clinic Partai Golkar: Andi Rio Ungkap Rahasianya Tiga Kali Terpilih Jadi Anggota DPR
Andi Rio Idris Padjalangi berbagi tips dan strategi untuk meraih kepercayaan masyarakat saat menjadi pembicara dalam Coaching Clinic Pendidikan Politik Partai Golkar di Jakarta, Jumat (28/8). Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR RI Andi Rio Idris Padjalangi berbagi tips dan strategi untuk meraih kepercayaan masyarakat saat menjadi pembicara dalam Coaching Clinic Pendidikan Politik Partai Golkar di Jakarta, Jumat (28/8).

Menurut anggota DPR tiga periode dari Sulawesi Selatan itu, rahasianya adalah perbanyak silaturrahmi dengan konstituen.

"Saya memulai politisi itu dari Staf Ahli. Saya sendiri asli Bone, lima bersaudara. Saya SD di Bone, tapi merantau SMP dan SMA ke Salatiga, jadi anak kos. Bapak ibu semua di Makassar. Kuliah di S1 di Yogyakarta, S2 di Undip dan sekarang S3 di UMI," kata Andi.

Diskusi pendidikan politik yang berlangsung di Gedung DPR RI ini diikuti para staf dan tenaga ahli Fraksi Partai Golkar.

Andi menuturkan, bisa terpilih pertama kali menjadi anggota DPR pada Pemilu 2009 berkat suara terbanyak. Saat itu, terdaftar sebagai Caleg Golkar Dapil Sulsel II nomor urut 5.

"Waktu itu saya saya kecewa nomor urut 5 sebab kalau berdasar dedikasi harusnya nomor urut 4. Kalau nomor 4 lumayan, ggak capek karena Golkar waktu itu selalu 4 kursi. Tapi akhirnya Mahkamah Kinstitusi putuskan suara terbanyak. Yang terpilih nomor urut 1, 2, 5 dan 9," kata Andi mengenang pemilu pertama kali yang diikutinya.

Namun bisa terpilih di pemilu 2009 tersebut, kenang Andi, bukan perkara gampang. Sebab saat itu, dia mendapat tekanan yang luar biasa imbas dari Pilkada Bone. Saat itu, salah satu keluarganya hendak maju Pilkada namun kalah melawan inkumbent.

"Di Sulsel itu kencang kekerabatan. Om saya maju tapi kalah. Perintahnya adalah jangan pilih orang Jakarta. Maksudnya jangan Rio. Jadi tekanannya kencang. Saya masuk itu dengan kekuatan silaturahmi yang saya jalankan dan Alhamdulillah terpilih dan saya suara terbesar ke tiga dari 9 caleg (Golkar) walau pendatang baru," lanjut dia.

Andi Rio Idris Padjalangi berbagi tips dan strategi meraih kepercayaan masyarakat saat menjadi pembicara dalam Coaching Clinic Pendidikan Politik Partai Golkar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News