COP 27: SUCOFINDO Aktif Mendukung Implementasi Karbon Biru Indonesia Berbasis NBS

COP 27: SUCOFINDO Aktif Mendukung Implementasi Karbon Biru Indonesia Berbasis NBS
Gedung PT Sucofindo. Foto Sucofindo

jpnn.com, JAKARTA - PT SUCOFINDO berpartisipasi aktif mendukung program Pemerintah melakukan upaya mitigasi perubahan iklim melalui layanan jasa monitoring dan audit berbasis Nature Base Solutions (NBS).

Hal ini sejalan dengan dokumen NDC (Nationally Determined Contribution) dan misi perhelatan Conference of The Parties ke-27 (COP 27), yang terlaksana di Mesir.

Penerapan prinsip NBS juga sesuai dengan Peraturan Presiden No. 73 tahun 2012: Rencana Strategis Nasional Ekosistem Mangrove.

“Pada COP 27, SUCOFINDO mengusulkan penyediaan jasa monitoring dan audit. Layanan monitoring kami didukung oleh teknologi mutakhir dengan menggunakan pemindaian cepat. Nantinya, monitoring tersebut mampu memberikan gambaran akurat mengenai kondisi real lapangan proyek dengan light detection and ranging,” kata Direktur Komersial PT SUCOFINDO Darwin Abas.

Sedangkan untuk layanan audit, PT SUCOFINDO memiliki layanan berbasis ISO 17029, ISO 14065:2020 dan ISO 14064-Series.

“Layanan ini meliputi validasi dan/atau verifikasi informasi lingkungan hidup terkait perencanaan dan/atau kinerja keberhasilan kegiatan rehabilitasi dan/atau konservasi hutan dan mangrove,” kata Darwin.

Darwin optimis melalui layanan monitoring dan audit PT SUCOFINDO mampu mendukung klaim keberhasilan investasi proyek karbon biru berbasis NBS yang dilakukan oleh perusahaan BUMN dan Swasta.

“Penerapan prinsip NBS dalam karbon biru mampu menjaga kelestarian lingkungan, keanekaragaman hayati, dan kesejahteraan masyarakat sekitar,” tutur Darwin.

PT SUCOFINDO menganalisis potensi dana TJSL pada 15 perusahaan BUMN dan swasta di sektor perbankan dan non-perbankan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News