Selasa, 20 November 2018 – 07:31 WIB

Copot Jilbab di Muka Umum, Puluhan Perempuan Iran Ditangkap

Senin, 05 Februari 2018 – 23:10 WIB
Copot Jilbab di Muka Umum, Puluhan Perempuan Iran Ditangkap - JPNN.COM

jpnn.com, TEHRAN - Iran menindak perempuan yang melanggar aturan memakai jilbab di muka publik. Setidaknya ada 29 perempuan ditangkap di Iran karena tak memakai jilbab.

Penangkapan tersebut mendapat kritik keras dari para aktivis dan kelompok hak asasi manusia.

Kantor berita Tasnim melaporkan pada Jumat (1/2), terdapat 29 perempuan ditangkap. Polisi Teheran mengatakan, para perempuan tersebut ditangkap karena mengganggu keamanan publik.

Jilbab menjadi aturan wajib di Iran sejak 1979. Tepatnya setelah revolusi Iran oleh Ayatollah Khomeini. Selama bertahun-tahun, ratusan ribu perempuan Iran memprotes undang-undang tersebut.

Dalam beberapa pekan terakhir, usai unjuk rasa yang terus-menerus terjadi di negara ini, para perempuan kembali menentang undang-undang yang mewajibkan perempuan memakai jilbab.

Bahkan pada sebuah aksi unjuk rasa, mereka melepaskan jilbab mereka di depan umum dan melambaikan jilbabnya pada kayu seperti bendera.

Analis Iran-Amerika, Holly Dagres mengatakan, Pemerintah Iran sangat sadar kalau lebih dari separuh penduduknya menentang penggunaan jilbab.

"Ini terbukti dengan fakta bahwa polisi moral terus-menerus berpatroli di jalanan kota-kota besar seperti Teheran," kata Dagres seperti dilansir Al Jazeera.

Sumber : Jawapos.com
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar