Viral! Kaum Hawa Iran Bikin Aksi Gantung Hijab di Depan Umum

Viral! Kaum Hawa Iran Bikin Aksi Gantung Hijab di Depan Umum
Aksi gantung hijab Vida Mohaved saat demonstrasi anti-rezim awal Januari lalu yang memantik protes serupa oleh perempuan-perempuan muda Iran. Foto: Foto: Twitter

jpnn.com, TEHRAN - Belakangan ini muncul aksi protes dengan cara cukup unik oleh kaum hawa Iran. Mereka melepas jilbab di depan umum kemudian menggantungnya di patahan ranting pohon atau benda lain dekat lokasi aksi.

Aksi-Aksi yang dilakukan para perempuan muda ini direkam atau difoto, lalu kemudian disebar lewat media sosial. Tujuannya, memprotes hukum yang mewajibkan wanita mengenakan hijab di depan umum.

Aksi ini semakin marak dilakukan setelah seorang wanita bernama Vida Mohaved dibebaskan akhir pekan kemarin.

Dia diketahui ditangkap pemerintah Iran desember lalu setelah melepaskan jilbabnya saat gelombang demonstrasi anti-rezim.

Foto-foto di sosial media yang menunjukkan wanita Iran melepaskan jilbab di depan umum itu menggunakan hastag "Gadis-Gadis Jalan Revolusi".

Hukum yang mewajibkan wanita mengenakan jilbab di muka umum sudah ada sejak Revolusi Islam 1979. Sejak Presiden Hassan Rouhani memerintah, penegakan aturan ini jadi lebih longgar. Namun, mencopot hijab di depan publik tetap bisa membuat seorang wanita masuk bui. (CNN/mel/rmol)


Mereka melepas jilbab di depan umum kemudian menggantungnya di patahan ranting pohon atau benda lain dekat lokasi aksi.


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber RMOL.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News